Apple Watch Masih Jadi Jam Tangan Pintar Terlaris

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 13 Sep 2017 09:08 WIB
apple
Apple Watch Masih Jadi Jam Tangan Pintar Terlaris
Apple Watch disebut sebagai produk jam tangan dengan jumlah penjualan tertinggi.

Metrotvnews.com: Dalam acara pengumuman tahunannya, CEO Apple, Tim Cook menyebut bahwa Apple Watch merupakan smartwatch dengan penjualan tertinggi di dunia. Tidak hanya di ranah jam tangan cerdas, Apple Watch juga mengalahkan penjualan jam tangan tradisional.

Pertama kali diluncurkan pada 25 April 2015, Apple Watch merupakan jam tangan dengan jumlah penjualan tertinggi kedua setelah Rolex pada kuartal ketiga tahun 2016. Apple Watch mengalahkan nama besar di industri jam tangan seperti Fossil, Omega, Seiko, Patek Phillipe, dan Casio.

Saat ini, Apple berhasil mengalahkan nama besar tersebut, dan disebut berkat dukungan fitur pengawas detak jantung, diklaim Apple menjadi fitur yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna di seluruh dunia. Dukungan fitur baru yang melengkapi Apple Watch Series 3 disebut akan membantunya dalam mempertahankan posisinya tersebut.

Keyakinan tersebut turut didorong oleh bekal kemampuan untuk berfungsi dan terhubung dengan jaringan internet tanpa perlu lagi terhubung dengan smartphone. Menurut Strategy Analytics, Apple Watch berhasil terjual sebanyak 21,1 juta smartwatch secara global pada tahun 2016 lalu.

Pada ranah smartwatch, Apple harus menghadapi persaingan dari raksasa teknologi lain, yaitu Samsung, LG dan Huawei. Sementara itu, Apple juga resmi meluncurkan sistem operasi mobile terbarunya pada acara peluncuran tahunnya yang berlangsung pada 12 September pagi waktu Amerika Serikat.

Sistem operasi tersebut akan mulai digulirkan ke perangkat karya Apple pada 19 September mendatang. Sistem operasi ini akan tersedia pada sejumlah iPhone versi terbaru, dari iPhone 5s dan hingga iPHone X dan iPhone 8 terbaru, seluruh iPad dari iPad mini 2, serta iPod generasi ke-6.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.