IDByte 2017

Jokowi: Jangan Tolak, Manfaat Teknologi Global di Indonesia!

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 28 Sep 2017 11:41 WIB
jokowiteknologidigitalnkri
Jokowi: Jangan Tolak, Manfaat Teknologi Global di Indonesia!
Presiden Joko Widodo dalam pembukaan acara IDByte 2017 di Jakarta, Kamis (28/9/2017)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden RI Joko Widodo hari ini dengan tegas meminta masyarakat memanfaatkan teknologi dan inovasi asing yang masuk ke Indonesia dan tidak boleh menolaknya.

Pernyataan tersebut diperoleh disampaikan saat membuka acara IDByte 2017 hari ketiga yang digelar di Ritz Carlton, Jakarta. Dari pesan yang disampaikan, Joko Widodo mengaku sangat sadar terhadap pentingnya teknologi dan dmapak yang dihadirkan terhadap perkembangan perekonomian sebuah negara.

"Di India saja, beli jajanan di pinggir jalan sudah bayar pakai ponsel. Di Tiongkok lebih banyak lagi, semua yang dibeli transaksinya meggunakan ponsel internet. Semua bisa dibeli dengan mudah lewat internet, banyak yang bisa dilakukan," ungkap pria yang akrab disapa Jokowi ini.

Jokowi juga menyebutkan nama-nama perusahaan teknologi global, sebut saja Alibaba dan lain-lain yang mulai masuk ke Indonesia.

Menurut Jokowi, ini adalah tanda positif bagi Indonesia dalam mulai menggenjot kemajuan dengan memanfaatkan teknologi yang dibawa oleh perusahaan tersebut ke Tanah Air. Dia menyebutkan, sebuah hasil riset bahwa dari 13 perusahaan dengan nilai terbesar di dunia, 8 di antaranya adalah perusahaan teknologi.

"Tapi, bukan berarti kita tunduk dengan perusabaan global teknologi yang datang. Kita harus belajar dari mereka, kita manfaatkan mereka. Memanfaatkan teknologi dan inovasi tersebut untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia," tandas Jokowi.

Lebih dari tiga kali selama sambutannya, dia mengulang kalimat 'perkembangan, teknologi, dan inovasi harus dipeluk, tidak boleh menutup diri terhadap inovasi'. Internet juga menjadi kata yang sering disebut oleh Jokowi dalam sambutan singkatnya di acara tersebut.

"Internet adalah sebuah peluang yang luas sekali. Perusahaan yang sukses di internet juga sukses di dunia nyata. Jadi kita harus belajar dari internet juga," ungkapnya.


(MMI)

Video /