IFA 2017

Lenovo Fokus Satukan Merek

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 31 Aug 2017 07:45 WIB
lenovoifa 2017
Lenovo Fokus Satukan Merek
Lenovo terfokus pada penyatuan merek sebagai strategi yang diusungnya pada tahun 2017 dan tahun mendatang.

Metrotvnews.com, Berlin: Jelang gelaran acara IFA 2017, Lenovo mengumumkan fokusnya dalam menyatukan merek atau menggunakan satu nama Lenovo unt smua lini produk sebagai strategi baru agar lbh kompetitif menghadapi persaingan di masa mendatang.

"Lenovo ingin menjadi perusahaan yang mencakup berbagai bisnis, dan menghadirkan konsistensi terkait pengalaman di berbagai kategori yang menjadi fokus Lenovo. Dan Lenovo juga ingin hadirkan Different is Better dari sekadar tagline kami," ujar Chief Marketing Officer Lenovo, David Roman.

Selain itu, Roman juga menjelaskan terpusat pada gairah terkait inovasi menjadi energi baru yang akan diusung oleh merek Lenovo. Energi baru tersebut akan ditampilkan Lenovo dengan tampilan dan kesan baru, tidak hanya pada bisnis segmen consumer, juga pada segmen enterprise.

Tidak sekadar menghadirkan produk kepada konsumen, sejak tahun ini dan di masa mendatang, Lenovo menyebut mengubah strateginya menjadi consumer-centris. Strategi ini ditandai dengan produksi produk sesuai dengan kebutuhan konsumen, berarti Lenovo terfokus untuk lebih seksama dalam mendengarkan permintaan pasar.

Tagline Different is Better tersebut telah diperkenalkan Lenovo pada peluncuran Motorola Moto Z generasi pertama pada bulan September 2016 lalu. Keputusannya memperkenalkan tagline baru dalam peluncuran Moto Z disebut Roman karena perangkat tersebut mengusung perbedaan yang tidak dimiliki ponsel lainnya, salah satunya yaitu dukungan aksesori Mods.

Namun, Roman menyebut, menjadi berbeda bukan sekadar soal segmen, sebab menurutnya, satu orang konsumen dapat memiliki setidaknya dua pola pikir berbeda yaitu sebagai konsumen di segmen profesional dan konsumer. Sehingga Lenovo mencoba untuk mengimplementasikan teknologi serupa dengan cara berbeda pada masing-masing produknya.

Lenovo juga mencoba menyederhanakan eksistensinya di mata konsumen dengan menjadi merek perusahaan, yang membawahi sejumlah nama merek. Nama merek tersebut termasuk ThinkPad di laptop serta Motorola yang terpilih sebagai merek perwakilannya di ranah smartphone.

Pemilihan merek Motorola sebagai wakil Lenovo pada warna smartphone juga merupakan hasil peleburan dari merek smartphone Lenovo sebelumnya dan Motorola. Meskipun demikian, penyerdahanaan ini disebut Lenovo tidak akan mengubah nama dan keunggulan yang disuguhkan oleh masing-masing merek.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.