Plug and Play: Silicon Valley Sulit Ditiru

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 14 Nov 2016 16:57 WIB
plug and play
Plug and Play: Silicon Valley Sulit Ditiru
Plug and Play menilai untuk meniru kesuksesan SIlicon Valley dalam waktu singkat bukanlah perkara mudah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Plug and Play menilai, untuk meniru kesuksesan industri teknologi di Silicon Valley dalam waktu cepat bukan perkara mudah, bahkan cenderung sangat sulit.

Hal ini disampaikan oleh Founder dan CEO Plug and Play, Saeed Amidi, pada pengumuman programnya di Indonesia hari ini, Senin (14/11/16).

"Tidak akan bisa negara lain meng-copy Silicon Valley dalam kurun waktu singkat. Kematangan industri teknologi di Silicon Valley merupakan hasil dari proses yang telah berlangsung selama kurang lebih 50 tahun," ujar Amidi.

Namun hal tersebut, jelas Amidi, tidak menghilangkan kesempatan negara lain, termasuk Indonesia, untuk dapat meraih kesuksesan serupa. Negara dan wilayah di luar Silicon Valley dapat menerapkan faktor yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain itu, Amidi juga menyebut, negara lain juga dapat mempelajari kisah sukses dan kegagalan yang dialami di Silicon Valley untuk dapat memberdayakan pengusaha di wilayah masing-masing, terutama pengusaha di bidan teknologi dan digital.

Sementara itu, melihat kondisi Indonesia saat ini, Amidi menyebutnya serupa kondisi Tiongkok dua atau tiga tahun lalu, saat baru mulai menyeriusi industri teknologi dan digital.

Hal ini, lanjut Amidi, tidak menutup kemungkinan Indonesia dapat menjadi Tiongkok selanjutnya, mengingat populasi dan potensi besar yang dimilikinya.

Amidi juga menyebut, Indonesia tengah dalam level kedua, sehingga saat ini dinilai sebagai saat yang tepat untuk dapat mulai berkontribusi untuk mengubah dunia, di mulai dari Jakarta. Selain itu, ekosistem digital di Indonesia selama empat tahun terakhir juga diamati Amidi mengalami pertumbuhan pesat, terutama sejak kian gencarnya dukungan pemerintah kepada sektor ini.
(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /