Saham AMD Meroket Dua Hari Terakhir, Ada Apa?

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 18 Nov 2016 11:33 WIB
googleamd
Saham AMD Meroket Dua Hari Terakhir, Ada Apa?
Google Cloud kini mulai gunakan server AMD

Metrotvnews.com: Saham AMD dilaporkan naik tajam baru-baru ini, yaitu hingga 9,5 persen. Kenaikan saham tersebut terjadi selama dua hari berturut-turut. Menurut Fox Business, alasan kenaikan saham tersebut adalah karena pengumuman yang dibuat Alphabet yang merupakan perusahaan induk Google.

Alphabet mengumumkan pihaknya akan mengintegrasikan sistem server AMD ke platform Google Cloud. Fox Business mengatakan kerja sama ini juga merupakan kemenangan besar bagi AMD untuk meningkatkan pangsa pasarnya di ranah data center dan sistem cloud computing.

Selanjutnya, AMD dilaporkan akan mengintegrasikan GPU-nya ke sistem cloud Alibaba. Saat ini, NVIDIA masih menjadi pemain utama di pasar cloud computing. Sistem server NVIDIA juga telah digunakan di berbagai layanan cloud, seperti Amazon Web Services, Microsoft Azure, dan IBM Cloud.

Kerja sama dengan Alphabet kali ini dikatakan merupakan salah satu pencapaian besar perusahaan teknologi tersebut sepanjang 2016. Tentu saja AMD berharap bisa meraup untung banyak dari kerja sama tersebut. Industri cloud sendiri merupakan salah satu yang memiliki pertumbuhan paling cepat. Buktinya, NVIDIA mampu meraup pendapatan hingga USD240 juta (Rp3,2 triliun) dari industri cloud sepanjang Q3 2016.

Meski demikian, Alphabet ternyata tidak akan menerapkan satu jenis sistem cloud saja. Mereka berencana akan membuat sistem cloud yang bersifat heterogen sehingga tidak tergantung pada satu vendor saja. Ini membuat vendor lain seperti NVIDIA dan IBM dapat ikut berperan dalam pengembangan sistem cloud milik Alphabet.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /