Ilmuwan Temukan Bukti Baru Adanya Kehidupan di Mars

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 24 Nov 2016 12:27 WIB
antariksa
Ilmuwan Temukan Bukti Baru Adanya Kehidupan di Mars
Home Plate, tempat ditemukannya jejak kehidupan di Mars (NASA)

Metrotvnews.com: Ilmuwan baru saja menemukan lokasi yang diyakini merupakan salah satu jejak adanya kehidupan di Mars. Temuan tersebut baru saja dipublikasikan oleh Steve Ruff dan Jack Farmer dari Arizona State University (ASU). 

Ruff dan Farmer merupakan peneliti yang sedang mempelajari aliran air panas yang ada di sumber mata air panas di El Tatio, Chili. Lokasi tersebut merupakan salah satu mata air panas yang paling aktif di Bumi dan keduanya baru-baru ini menemukan lokasi yang mirip berada di Mars.

Lokasi yang dimaksud adalah Home Plate yang berada di dalam Gusev Crater yang diperkirakan berumur 3 hingga 4 miliar tahun di Mars. Di sekitar Home Plate, para ilmuwan menemukan endapan silika yang diperkirakan merupakan bekas dari luapan sumber mata air panas seperti yang sedang dipelajari oleh Ruff dan Farmer.

Endapan silika di Mars (kiri) dan endapan silika di Bumi (kanan)

Berdasarkan hasil pengamatan yang diambil oleh wahana antariksa Spirit yang sedang berada di Mars, endapan silika tersebut sangat mirip dengan endapan yang juga terdapat di mata air panas di El Tatio.

Ini membuktikan Mars dulunya juga memiliki sumber mata air panas di Mars. Sama seperti di Bumi, sumber air panas bisa menjadi sumber energi bagi berbagai kehidupan.

Untuk memahami temuan ini lebih lanjut, NASA akan mengirimkan wahana antariksa baru ke Mars pada tahun 2020. Wahana antariksa tersebut nantinya akan mendarat di Gusev Crater dan melakukan pengamatan terhadap Home Plate. Melalui pengamatan tersebut, ilmuwan berharap bisa menemukan bukti lain mengenai kehidupan di Mars.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

2 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /