Samsung Ingin Jual Bisnis PC ke Lenovo?

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 25 Nov 2016 15:33 WIB
samsung
Samsung Ingin Jual Bisnis PC ke Lenovo?
Samsung dikabarkan tengah berdiskusi untuk menjual bisnis PC miliknya kepada Lenovo.

Metrotvnews.com: Setelah menjual bisnis printernya kepada HP, Samsung dikabarkan akan menjual bisnis PC miliknya kepada Lenovo.

Media lokal asal Korea Selatan melaporkan Samsung tengah berdiskusi dengan Lenovo terkait rencana penjualan bisnis PC miliknya ini selama beberapa bulan terakhir.

Proses diskusi tersebut dilaporkan The Investor mengalami kemajuan yang tidak signifikan. Selain itu, Samsung juga dilaporkan melaksanakan diskusi tersebut tanpa bantuan penasihat finansial, namun kemudian menggandeng Paul Hastings sebagai penasihat hukum. Sementara itu, dalam pembahasan ini, Lenovo dilaporkan diwakili oleh Freshfields Bruckhaus Deringer.

Sejumlah analis asal Korea memperkirakan nilai transaksi yang akan diperoleh Samsung untuk penjualan bisnis ini mencapai KRW1 triliun atau sekitar Rp11,5 triliun. Namun, angka transaksi tersebut diperkirakan akan berubah jika rencana tersebut telah disepakati, seperti yang dilaporkan oleh GSM Arena.

Sebelumnya, Samsung telah menjual bisnis printer kepada HP dengan nilai transaksi sebesar USD1,05 miliar. Keputusan ini sebagai salah satu upaya Samsung untuk lebih terfokus kepada divisi inti perusahaannya, selain karena bisnis printernya tidak menyumbangkan keuntungan secara signifikan terhadap pendapatan Samsung.

Hal serupa juga diperkirakan menjadi alasan Samsung menjual bisnis PC tersebut, karena ranah ini mulai mengalami penurunan selama beberapa tahun terakhir. Sehingga Samsung menilai investasi di ranah ini tidak lagi sepadan.

Sementara itu, sebelumnya Lenovo dirumorkan tengah dalam proses diskusi untuk mengakuisisi bisnis PC milik Fujitsu. Pada Oktober lalu, Reuter melaporkan jika kesepakatan antara Lenovo dan Fujitsu tercapai, sebanyak dua ribu karyawan Fujitsu akan bergabung ke Lenovo, dan memungkinkan Fujitsu fokus ke bisnis layanan IT dan lainnya.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /