Samsung Ingin Jual Bisnis PC ke Lenovo?

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 25 Nov 2016 15:33 WIB
samsung
Samsung Ingin Jual Bisnis PC ke Lenovo?
Samsung dikabarkan tengah berdiskusi untuk menjual bisnis PC miliknya kepada Lenovo.

Metrotvnews.com: Setelah menjual bisnis printernya kepada HP, Samsung dikabarkan akan menjual bisnis PC miliknya kepada Lenovo.

Media lokal asal Korea Selatan melaporkan Samsung tengah berdiskusi dengan Lenovo terkait rencana penjualan bisnis PC miliknya ini selama beberapa bulan terakhir.

Proses diskusi tersebut dilaporkan The Investor mengalami kemajuan yang tidak signifikan. Selain itu, Samsung juga dilaporkan melaksanakan diskusi tersebut tanpa bantuan penasihat finansial, namun kemudian menggandeng Paul Hastings sebagai penasihat hukum. Sementara itu, dalam pembahasan ini, Lenovo dilaporkan diwakili oleh Freshfields Bruckhaus Deringer.

Sejumlah analis asal Korea memperkirakan nilai transaksi yang akan diperoleh Samsung untuk penjualan bisnis ini mencapai KRW1 triliun atau sekitar Rp11,5 triliun. Namun, angka transaksi tersebut diperkirakan akan berubah jika rencana tersebut telah disepakati, seperti yang dilaporkan oleh GSM Arena.

Sebelumnya, Samsung telah menjual bisnis printer kepada HP dengan nilai transaksi sebesar USD1,05 miliar. Keputusan ini sebagai salah satu upaya Samsung untuk lebih terfokus kepada divisi inti perusahaannya, selain karena bisnis printernya tidak menyumbangkan keuntungan secara signifikan terhadap pendapatan Samsung.

Hal serupa juga diperkirakan menjadi alasan Samsung menjual bisnis PC tersebut, karena ranah ini mulai mengalami penurunan selama beberapa tahun terakhir. Sehingga Samsung menilai investasi di ranah ini tidak lagi sepadan.

Sementara itu, sebelumnya Lenovo dirumorkan tengah dalam proses diskusi untuk mengakuisisi bisnis PC milik Fujitsu. Pada Oktober lalu, Reuter melaporkan jika kesepakatan antara Lenovo dan Fujitsu tercapai, sebanyak dua ribu karyawan Fujitsu akan bergabung ke Lenovo, dan memungkinkan Fujitsu fokus ke bisnis layanan IT dan lainnya.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.