Kamera Konferensi Logitech MeetUp Punya Sudut Pandang 120 Derajat

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 14 Feb 2018 22:23 WIB
logitech
Kamera Konferensi Logitech MeetUp Punya Sudut Pandang 120 Derajat
Acara peluncuran Logitech MeetUp. (Medcom.id)

Jakarta: Kini, bekerja tidak melulu harus dari kantor. Dengan tren gaya bekerja mobile yang semakin marak, perusahaan juga mulai sering mengadakan konferensi video. Sayangnya, tanpa peralatan yang memadai, konferensi video bisa berlangsung dengan tidak menyenangkan.

Salah satu masalah yang biasa dihadapi adalah kamera yang tidak bisa menampilkan semua peserta dalam ruangan.

Mengerti hal ini, Logitech meluncurkan Logitech MeetUp. Kamera ini memiliki sudut pandang 120 derajat, lebih besar dari kebanyakan kamera yang ada, yang biasanya hanya memiliki sudut pandang 90 derajat. 

Didesain untuk digunakan di ruang kolaborasi kecil, MeetUp optimal untuk digunakan dalam pertemuan dengan peserta sekitar enam sampai delapan orang. Kamera konferensi ini juga sudah dilengkapi dengan tiga mikrofon.

Tujuannya untuk memastikan bahwa suara semua peserta dapat ditangkap dengan baik. Selain itu, Logitech juga menyediakan satu mikrofon ekstra untuk digunakan dalam ruangan yang lebih besar. 

Satu kelebihan yang diunggulkan oleh Logitech dari kamera barunya ini adalah kompatibilitasnya. Saat ditemui di kantor Logitech, Country Manager Logitech Indonesia, Ismail Maksum menjelaskan bahwa MeetUp kompatibel dengan berbagai aplikasi konferensi video, mulai dari Google Hangout sampai Microsoft Skype for Business. 


Tampilan Logitech MeetUp. (Medcom.id)

Dihargai Rp16,5 juta, Logitech MeetUp memiliki kamera dengan sensor 13MP dan dapat melakukan 5x zoom. Ia juga sudah mendukung video 4K Ultra HD.

Pria yang akrab dengan panggilan Ismail ini menjelaskan, jika dibandingkan dengan perlengkapan yang diperlukan untuk melakukan video conference tradisional -- yang bisa memakan biaya hingga ratusan juta -- harga MeetUp jauh lebih murah. Karena itu, tidak heran jika klien Logitech pun tidak hanya perusahaan besar tapi juga Usaha Kecil Menengah. 

MeetUp juga lebih mudah dipasang jika dibandingkan dengan peralatan video conference tradisional. Ismail menjelaskan, MeetUp cukup disambungkan ke komputer.

Memang, tidak ada spesifikasi khusus terkait komputer yang kompatibel dengan kamera ini. Namun, Ismail menyarankan agar komputer yang digunakan telah menggunakan Intel Core i5. 

"Agar bisa enak untuk memproses video dan audio," kata Ismail. "Memang, Core i3 juga sudah bisa, tapi lebih baik Core i5." Dia menjelaskan, saat ini, telah ada cukup banyak pihak yang menggunakan kamera konferensi buatannya, mulai dari badan pemerintah seperti Badan Intelijen Nasional sampai perusahaan swasta. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.