Awal Tahun, Google Tambal Keamanan untuk Pixel dan Nexus

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 03 Jan 2018 10:43 WIB
google
Awal Tahun, Google Tambal Keamanan untuk Pixel dan Nexus
Google merilis update keamanan bulan Januari.

Jakarta: Pergantian tahun turut menandakan pergantian bulan, artinya Google siap menggulirkan update keamanan Android untuk perangkat Nexus dan Pixel, yang masih termasuk dalam perangkat yang didukungnya.

Google telah merilis gambar pabrik umum dan file zip OTA lengkap yang telah tersedia untuk diunduh. Pengguna dapat mengunduh update tersebut, meski harus berkompromi dengan rangkaian perintah untuk menangani proses instalasi.

Pengguna disarankan untuk menunggu selama beberapa jam, atau pada skenario terburuk, selama beberapa hari, hingga memperoleh update via Over-The-Air (OTA). Pengguliran update akan dimulai 2 Januari atau 3 Januari waktu Amerika Serikat.

Update ini juga akan berbekal sejumlah patch keamanan dalam dua level. Patch per 1 Januari 2018 berisi 20 perbaikan bug, sementara patch per 5 Januari berbekal 18 perbaikan bug.

Kisaran kerentanan dari tinggi hingga kritis, dengan kerentanan terburuk diperkirakan adalah bug framework media yang memungkinkan penyerang mengeksekusi kode berbahaya dari jarak jauh, melalui file yang telah dimodifikasi.

Hingga saat ini, belum terdapat laporan terkait pengguna yang mengalami dampak dari serangan dan permasalahan tersebut. Sementara itu, Google akan menghadirkan 46 perbaikan lain untuk perangkat Nexus atau Pixel.

Perbaikan tersebut termasuk update fungsi ganda, satu terkait penangan upgrade kunci di toko, sementara lainnya terkait dengan peningkatan stabilitas dan performa setelah perangkat mendapatkan update.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.