Pengguna Nintendo Switch Sangat Suka Mode Hybrid Handheld

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 01 Nov 2017 06:17 WIB
nintendo switch
Pengguna Nintendo Switch Sangat Suka Mode Hybrid Handheld
Beberapa mode untuk memainkan perangkat Nintendo Switch

Metrotvnews.com: Nintendo Switch menjadi inovasi terbaik dari perusahaan konsol game asal Jepang tersebut karena menawarkan beberapa mode untuk memainkan perangkatnya, mulai dari konsol yang terhubung ke TV atau handheld ala smartphone.

Baru ini dalam sebuah laporan finansial kurun waktu 6 bulan yang dirilis oleh Nintendo, disebutkan data mengenai mode penggunaan perangkat Nintendo Switch yang paling digemari oleh pemainnya.

Dari data yang dikutip oleh PCMag, kebanyakan pengguna Nintendo Switch sangat menyukai memainkan perangkatnya dalam mode handheld dengan menggunakan layar 6,2 inci yang tersedia dalam paket penjualan.

Hal ini terlihat dari salah satu laporan dari Nintendo yang menggambarkan tren pengunaan perangkat Nintendo Switch di pasar negara Jepang, Amerika Serikat dan Eropa. Pertama disebutkan bahwa hanya ada sekitar 18 persen saja pengguna Nintendo Switch yang memainkan perangkatnya dengan terhubung ke televisi.

Data kedua menyebutkan bahwa ada 30 persen pengguna perangkat tersebut yang memainkannya dalam mode handheld layaknya perangkat Nintendo 3DS yang dahulu juga populer dengan konsep perangkat handheld. Kemudian sisanya didominasi oleh pemain yang menggunakan Nintendo Switch baik dalam mode terhubung ke TV dan mode handheld.

Menariknya tidak ada satupun sumber yang menyebutkan bahwa pengguna Nintendo Switch memainkan perangkatnya dalam mode tabletop atau menurut layar 6,2 inci yang dimilikinya untuk bermain bersama pemain lain dengan satu layar.

Mode ini memang dipastikan akan kurang populer, sebab ukuran layar yang terbilang kecil tersebut akan kurang nyaman alias sempit jika harus dimainkan dengan tampilan layar split screen.

Dengan diperolehnya data tersebut setidaknya ini menjadi petunjuk terang bagi perkembangan bisnis konsol gaming Nintendo. Jika dahulu kehadiran Nintendo Switch dengan segenap fiturnya dianggap sebagai pertarungan hidup dan mati industri perangkat Nintendo, kini artinya perusahaan tersebut baru saja memenangkan pertaruhannya.

Racikan desain perangkat gaming Nintendo kini terbukti digemari oleh pasar industri perangkat game. Nintendo akhirnya bisa dengan tenang mengejar target penjualan Nintendo Switch yang diluncurkan pada bulan Maret tahun lalu agar bisa mencapai penjualan sebanyak 14 juta unit di bulan Maret tahun depan alias genap setahun peluncuran Nintendo Switch.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.