DJI Zenmuse X7, Gimbal Drone Khusus Pembuatan Film

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 12 Oct 2017 11:09 WIB
drone
DJI Zenmuse X7, Gimbal Drone Khusus Pembuatan Film
Video yang menampilkan DJI Inspire 2 menggunakan gimbal Zenmuse X7

Metrotvnews.com: Kehadiran drone bagi industri film sangat disyukuri. karena bisa mengambil video dari udara. Kemampuan kameranya memang tidak secanggih kamera khusus untuk pembuatan film. DJI melihat peluang tersebut dengan merilis gimbal drone khusus bernama DJI Zenmuse X7.

Dikutip dari Engadget, Zenmuse X7 merupakan kelanjutan varian gimbal DJI Zenmuse yang memang memiliki kamera dengan kemampuan merekam video berkualitas sinema atau film.

Kendala yang selama ini ditemui, tidak banyak drone yang dilengkapi kamera dengan kualitas dan resolusi yang setara kamera profesional untuk pembuatan sinema. Alhasil, hanya bagian tertentu dari adegan yang menggunakan drone.



Keunggulan gimbal DJI Zenmuse X7 terletak pada kamera digital Super 35 yang memiliki sensor besar, dan bisa mengambil gambar atau video dengan resolusi 6K format RAW atau CinemaDNG.

Kamera ini memiliki 14 tingkatan dynamic range dan jenis lensa yang bisa diganti sesuai kebutuhan, mulai dari ukuran lensa 16mm, 24mm, 35mm, dan 50mm yang semuanya memiliki aperture maksimal f/2.8. Lensa berukuran 16mm sudah dilengkapi built-in filter ND4. Kualitas warnanya diklaim tajam dan untuk tiga ukuran lensa lainnya dilengkapi dengan mechanical shutter.

Lensa tersebut menggunakan material carbon fiber sehingga memiliki daya tahan cukup bagus dan bobot yang ringan. Kemampuan gimbal ini hanya komptabel dengan drone DJI Inspire 2.

Selain itu, software pada drone ini juga sudah dilengkapi dengan aplikasi editing video khusus dari DJI yakni Cinema Color System. Di dalamnya terdapat fitur penyuntingan yang biasa dipergunakan untuk pembuatan film.

Tentu saja, untuk memiliki perlengkapan Zenmuse X7, konsumen harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Untuk gimbalnya saja diberi harga USD2.700 setara Rp36 juta. Untuk lensa yang berukuran 16mm, 24mm, dan 35mm dijual terpisah dengan harga masing-masing USD1.300 setara Rp17 juta.

Khusus lensa yang berukuran 50mm dijual USD1.200 setara Rp16 juta. Jangan khawatir karena untuk paketnya sudah disiapkan, harganya cuman USD4.300 atau Rp58 juta.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.