Penjualan iPhone X, 8, dan 8 Plus Belum Kalahkan iPhone 6 dan 6 Plus

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 26 Dec 2017 10:46 WIB
apple
Penjualan iPhone X, 8, dan 8 Plus Belum Kalahkan iPhone 6 dan 6 Plus
Penjualan tiga model iPhone terbaru dilaporkan tidak mampu menyaingi penjualan iPhone 6 dan 6 Plus.

Jakarta: iPhone X dinilai telah menarik perhatian sejumlah konsumen, namun sayangnya keberhasilan tersebut tidak dibarengi dengan kemampuannya menyaingi kesuksesan produk pendahulunya, yaitu iPhone 6 dan 6 Plus.

Perusahaan penelitian melakukan survei pada perwakilan sampel pembeli iPhone pada bulan yang berakhir di tanggal 3 Desember lalu. Survei tersebut menunjukan bahwa penjualan iPhone X, 8 dan 8 Plus berkontribusi pada penjualan perangkat Apple di Amerika Serikat sebesar 69 persen.

Angka tersebut jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan penjualan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pada periode yang sama setelah resmi dipasarkan, yaitu sebesar 91 persen. Penjualan iPhone model terbaru tersebut juga dilaporkan menjadi yang terendah di pasar Amerika Serikat jika dibandingkan dengan model sebelumnya.

Harga dan ketersediaan iPhone disebut mampu menjelaskan alasan di balik fenomena tersebut, dan bukan akibat penjualan iPhone baru yang tiba-tiba melemah.

Poin penelitian lain memprediksi bahwa Apple dapat memasarkan perangkat dengan harga jual rata-rata sebesar USD700 (Rp10 juta) untuk iPhone karyanya pada pertama kalinya di kuartal ini.

Selain itu, penjualan di Tiongkok dinilai menjanjikan, terlihat dari hasil survei RBC Capital Market yang menyebut potensi minat konsumen Tiongkok dalam membeli iPhone X, lebih tinggi dua kali lipat, jika dibandingkan dengan konsumen Amerika Serikat.

Tiongkok merupakan salah satu pasar terpenting bagi perusahaan berbasis Cupertino tersebut. Tiongkok merupakan pasar kontributor terbesar kelima bagi Apple, sehingga tingkat ketertarikan iPhone baru tersebut menjadi pertanda baik bagi produk Apple selanjutnya.

Hingga saat ini, angka pasti penjualan iPhone tersebut masih menjadi misteri, setidaknya hingga Apple mengumumkan pencapaian per kuartalnya pada konferensi pers dan mengumumkan secara resmi angka penjualan tersebut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.