Januari, PNP Indonesia Gelar Seleksi Startup Gelombang Kedua

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 06 Dec 2017 19:09 WIB
startup
Januari, PNP Indonesia Gelar Seleksi Startup Gelombang Kedua
Ilustrasi. (PCMag)

Jakarta: Pemerintah ingin mendorong pertumbuhan startup digital di Indonesia. Plug and Play Indonesia ingin membantu startup yang ada untuk tumbuh besar dengan memberikan akses ke perusahaan besar dan juga para mentor. PNP bahkan memberikan dana pada startup

Diawali dengan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Silicon Valley tahun lalu, PNP kemudian masuk ke Indonesia beberapa bulan kemudian. Sejak saat itu, PNP telah mendukung 9 startup yang telah mereka pilih dari lebih dari 400 startup. Salah satu hal yang PNP adalah memberikan pelatihan pada startup selama 3 bulan. 

Ketika mengunjungi kantor Media Group, Community Manager PNP Indonesia Jessica Marthin menjelaskan, PNP terus berusaha menjalin hubungan dengan startup yang sempat mereka didik. PNP hanya menerima startup yang sudah memiliki prototipe atau bahkan produk jadi, karena tujuan mereka memang mengakselerasi perkembangan startup

Pada awal September lalu, PNP memberikan dana investasi sebesar USD50 ribu (Rp667 juta) pada 9 startup pilihan. Kesembilan startup itu dipilih dari total lebih dari 400 startup yang mendaftar.

Sembilan startup itu merupakan bagian dari angkatan pertama yang PNP bantu. Ke depan, mereka akan membantu startup lainnya. Seleksi untuk gelombang berikutnya akan diadakan pada Januari. 

Jessica menjelaskan, PNP tidak memiliki kuota terkait jumlah startup yang PNP bantu. Selama startup memenuhi standar yang telah ditentukan, maka mereka bisa mendapatkan bantuan dari PNP. Itu artinya, ke depan, tidak tertutup kemungkinan PNP akan membantu lebih dari 9 startup. Tentu saja, jumlah startup yang dibantu bisa berjumlah kruang dari itu.

Untuk dana, Jessica mengakui, PNP biasanya hanya membantu dalam tahap pendanaan awal atau seed funding. Namun, ke depan, ketika startup membutuhkan investasi, PNP akan membantu mempertemukan mereka dengan perusahaan modal ventura. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /