Facebook Ingin Berikan Internet Gratis di AS

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 07 Oct 2016 16:49 WIB
facebook
Facebook Ingin Berikan Internet Gratis di AS
Facebook ingin memberikan Free Basics di AS. (AFP / JONATHAN NACKSTRAND)

Metrotvnews.com: Facebook sedang berbicara dengan pemerintah dan operator telekomunikasi Amerika Serikat untuk menyediakan layanan Free Basics untuk jutaan orang di AS, lapor Washington Post kemarin. 

Perusahaan raksasa media sosial tersebut tampaknya akan berusaha untuk merealisasikan rencana ini dengan sangat hati-hati untuk mencegah terulangnya kejadian yang terjadi saat mereka berusaha memperkenalkan Free Basics di India, yang kini melarang Free Basics.

"Kami tidak ingin megumumkan apapun, tapi, misi Facebook adalah untuk menghubungkan dunia dan kami selalu mencari cara untuk merealisasikan hal itu, termasuk di Amerika Serikat," kata juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan resmi, seperti yang dikutip dari CNET.

Diluncurkan di tahun 2014, Free Basics merupakan layanan yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan akses terbatas ke situs dan layanan internet tertentu secara gratis di di negara-negara tertentu di dunia.

Biasanya, negara-negara yang menjadi tempat diluncurkannya Free Basics adalah negara yang akses internet terbatas. Layanan ini, yang tersedia di 36 negara, salah satunya di Indonesia, merupakan salah satu cara Facebook untuk memperkuat jangkauan mereka di kawasan-kawasan seperti Asia, Afrika dan Amerika Latin.

Namun, layanan Free Basics dari Facebook ini justru mendapatkan kritik. Karena memutuskan konten apa saja yang tersedia dalam Free Basics dianggap pelanggaran terhadap prinsip netralitas internet, yaitu konsep bahwa semua situs dan layanan di internet harus mendapatkan perlakuan yang sama.


(MMI)

Video /