Smartfren Segera Boyong Trio iPhone Anyar ke Indonesia?

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 26 Oct 2018 08:23 WIB
smartfren telecom
Smartfren Segera Boyong Trio iPhone Anyar ke Indonesia?
Smartfren mengaku masih belum bisa mengonfirmasi terkait kedatangan iPhone terbaru di Indonesia.

Palembang: Setelah berhasil memboyong smartphone karya Apple ke Indonesia, mulai dari iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, Smartfren melanjutkan langkahnya dalam menghadirkan generasi selanjutnya dari iPhone yaitu iPhone X, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Kini setelah Apple secara resmi meluncurkan iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR, sejumlah pihak mempertanyakan peluang dan waktu yang dipilih Smartfren untuk memboyong smartphone unggulan terbaru Apple ini ke Indonesia.

"Tunggu tanggal mainnya, karena kita tak bisa konfirmasi soal iPhone kalau belum semua. Bakal butuh waktu, dia sepertinya agak lambat untuk tahun ini, tak secepat tahun lalu," ujar Chief Brand Officer Smartfren Roberto Saputra.

Sementara itu, informasi yang beredar menyebut bahwa ketiga ponsel cerdas ini telah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan dinyatakan memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 30 persen.

Menanggapai hal tersebut, Vice President Technology Relations & Special Project Smartfren Munir Syahda Prabowo, menyebut bahwa jika perangkat sudah memenuhi aturan TKDN, umumnya dapat dipasarkan di Indonesia dalam waktu dekat, meski mengaku pernyataannya bukanlah konfirmasi.

Selain itu, Roberto juga menambahkan bahwa kerja sama untuk menghadirkan tiga perangkat iPhone terbaru ini merupakan hal sensitif, dan kembali menegaskan bahwa dirinya baru akan bisa menjawab pertanyaan terkait iPhone terbaru ini setelah semua terkonfirmasi.

Meskipun demikian, Roberto kembali menegaskan komitmen Smartfren untuk menghadirkan teknologi baru dari sisi jaringan. Setelahnya, Smartfren baru akan terfokus menjajaki kerja sama dengan mitra di pasar terbuka.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.