Tinggalkan Apple, Samsung Masih Dominasi Pengiriman Smartphone

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 03 Nov 2017 18:43 WIB
teknologismartphone
Tinggalkan Apple, Samsung Masih Dominasi Pengiriman Smartphone
Samsung dan Apple sebagai dua vendor smartphone terus bersaing mewakili persaingan antara perangkat smartphone berbasis Android dan iOS.

Metrotvnews.com: Firma riset  IDC (International Data Corporation) merilis data terkait pengiriman smartphone ke seluruh dunia di kuartal ke-3 tahun 2017. Samsung kembali memimpin dominasi pengiriman meninggalkan Apple yang terlihat stagnan. 

Mengutip data dari IDC, total pengiriman smartphone yang dilakukan oleh seluruh vendor di kuartal ke-3 tahun ini mencapai angka 373,1 juta. Terjadi peningkatan sebesar 2,7 persen dari kuartal ke-2 tahun 2016 yang hanya mencapai 363,4 juta unit.

Di peringkat 5 besar masih tercatat Samsung menduduki posisi pertama disusul dengan Apple di posisi kedua dan secara berturut-turut di belakangnya ada Huawei, Oppo, dan terakhir adalah Xiaomi. Di kuartal ke-3 kali ini Samsung berhasil membuat jarak yang cukup jauh dengan Apple. 

Samsung berhasil mengirimkan unit perangkatnya sebanyak 83,3 juta unit serta menjadi penguasa pangsa pasar terbesar, 22,3 persen. Angka ini meningkat dibanding kuartal yang sama di tahun lalu, yang hanya mengirimkan unit sebanyak 76,1 juta dan market share sebesar 20,9 persen. 

Berbeda dengan Apple. Meskipun menduduki posisi kedua di total pengiriman perangkat ke seluruh dan market share tapi tidak menghasilkan peningkatan yang signifikan.

Data IDC menyebutkan Apple di kuartal ke-3 tahun ini hanya mengirimkan unit sebanyak 46,7 juta dengan market share 12,5 persen. Tidak berbeda jauh dibandingkan kuartal ke-3 tahun 2016 yang hanya mengirimkan unit sebanyak 45,5 juta dan menguasai market share sebesar 12,5 persen.

Huawei berhasil menduduki peringkat ketiga dengan jumlah pengiriman unit sebanyak 39,1 juta dan menguasai market share sebesar 10,5 persen di kuartal ke-3 tahun ini. Angka tersebut merupakan peningkatan yang cukup memuaskan jika melihat angka di kuartal ke-3 tahun lalu Huawei, yang berhasil mengirimkan unit sebanyak 33,3 juta dan market share 9,3 persen.

Oppo sebagai salah satu vendor yang juga tidak kalah agresif, berhasil mencatatkan peningkatan bisnis. Di kuartal ke-3 tahun ini, Oppo berhasil mengirimkan unit sebanyak 30,7 juta dan menguasai market share sebesar 8,2 persen. Angka tersebut mengalami peningkatan cukup baik dari kuartal yang sama di tahun lalu yang hanya berhasil mengirimkan 25,8 juta unit dan menguasai 3,7 persen market share.

Terakhir adalah Xiaomi sebagai vendor yang usianya masih muda namun sudah memiliki popularitas di berbagai pasar negara berkembang. Xiaomi di kuartal ke-3 tahun 2017 berhasil menorehkan prestasi pengiriman 27,6 juta unit dan mengamankan market share sebesar 7,4 persen.

Angka ini merupakan sebuah peningkatan yang paling signifikan ketimbang 4 vendor sebelumnya. Tercatat di kuartal ke-3 di tahun 2016, Xiaomi hanya berhasil mengirimkan 13,6 juta unit dan menguasai 3,7 persen market share


(MMI)