Pesawat Ulang-Alik Dream Chaser Lolos Uji Coba Penerbangan

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 13 Nov 2017 12:17 WIB
antariksanasa
Pesawat Ulang-Alik Dream Chaser Lolos Uji Coba Penerbangan
Dream Chaser (NASA)

Metrotvnews.com: Perusahaan aviasi Sierra Nevada baru saja mengumumkan keberhasilan tes penerbangan untuk pesawat prototipe Dream Chaser.

Pesawat tersebut merupakan generasi terbaru dari pesawat ulang-alik yang rencananya bakal digunakan untuk mensuplai kru stasiun luar angkasa internasional (ISS) serta membawa berbagai peralatan eksperimen.

Dream Chaser merupakan peswat ulang-alik baru yang dikembangkan oleh Sierra Nevada bekerjasama langsung dengan NASA.

Menurut Engadget, dalam uji coba kali ini Dream Chaser berhasil terbang dari sebuah helikopter dan mendarat dengan mulus di Edwards Air Force Base, California. Ini adalah pertama kalinya pesawat tersebut melakukan uji coba penerbangan setelah 4 tahun terakhir.
 

SNC is proud to announce the Dream Chaser® spacecraft had a successful free-flight test today @EdwardsAFB, with support of @NASAArmstrong. The Dream Chaser had a beautiful flight and landing! pic.twitter.com/lAn0n7FPsg

— Sierra Nevada Corp (@SierraNevCorp) November 12, 2017

Di tahun 2013, Dream Chaser pernah diuji coba. Namun, sayangnya pada saat itu terdapat masalah pada sistem rodanya, sehingga pendaratan tidak bisa dilakukan secara mulus. Pihak Sierra Nevada juga akan melakukan serangkaian uji coba lanjutan dalam waktu dekat.

Berbeda dengan roket ulang-alik SpaceX, Dream Chaser merupakan sebuah pesawat yang bisa terbang hingga ke ISS. Dibandingkan dengan roket yang membawa kapsul, pesawat ini memiliki beragam kelebihan. Salah satunya adalah bisa dikendalikan ketika pendaratan sehingga kargo dari ISS bisa dikirim langsung ke tempat yang diinginkan.

Hingga sasat ini, pesawat ulang-alik Dream Chaser masih dalam tahap pengembangan dan belum diketahui kapan akan mulai beroperasi.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

11 hours Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /