Akuisisi Soundtrap, Spotify Tertarik Masuk Bisnis Pembuatan Musik

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 18 Nov 2017 10:29 WIB
spotify
Akuisisi Soundtrap, Spotify Tertarik Masuk Bisnis Pembuatan Musik
Spotify kini menjadi layanan streaming musik terbesar dunia.

Metrotvnews.com: Spotify telah menjadi layanan streaming musik terbesar di dunia dengan membiarkan para pelanggannya mendengarkan lagu kapan saja dan dimana saja. Sekarang, mereka ingin pelanggannya bisa ikut menciptakan musik.

Spotify baru saja mengakuisisi Soundtrap, platform pembuat musik online yang memungkinkan pengguna membuat dan merekam musik dari perangkat apapun menggunakan berbagai alat yang mereka sediakan, lapor Mashable.

Spotify mengumumkan akuisisi ini dalam sebuah blog post, menyebut Soundtrap tetap beroperasi seperti biasa. 

"Tim teknisi, desainer dan produser musik di Soundtrap telah mendorong revolusi dalam proses pembuatan musik dengan menciptakan berbagai alat untuk konsumen, pengajar dan murid," tulis Spotify dalam blog. "Layanan Soundtrap akan berfungsi seperti biasa."

Sayangnya, Spotify tidak mengumumkan jumlah uang yang harus mereka keluarkan untuk melakukan akuisisi ini. Soundtrap memiliki kantor di Stockholm, Swedia, tempat yang sama dengan Spotify. 

Soundtrap menggunakan model bisnis berlangganan. Layanan dasarnya bisa digunakan secara gratis, tapi pengguna harus bayar untuk menggunakan alat-alat ekstra yang memungkinkan mereka membuat lebih banyak proyek. Software berbasis cloud dari Soundtrap memungkinkan orang-orang membuat musik dan berkolaborasi dengan orang lain via online

Saat ini, Spotify terus berusaha meningkatkan penghasilannya dengan harapan akan bisa melakukan penawaran saham perdana (IPO). Sekarang, Spotify belum mendapatkan untung, tapi keuangannya terus membaik seiring dengan menambahnya pelanggan mereka. 

Sayangnya, biaya berlangganan saja tidak cukup, mengingat model bisnis Spotify mengharuskan mereka membayar ke para pemegang hak cipta yang lagunya diputar dalam platform-nya. Karena itulah, Spotify mulai memperluas kontennya ke video dan podcast

Sejauh ini, Spotify tidak menawarkan fitur sosial dalam layanannya, berbeda dengan Soundcloud, yang menjadi tempat bagi para kreator musik indie untuk mengunggah karya mereka dan mendengarkan karya dari teman-teman mereka.

Keputusan Spotify untuk mengakuisis Soundtrap menunjukkan ketertarikan mereka untuk masuk ke dalam bisnis pembuatan musik dan menyediakan platform baru bagi kreator musik. Meskipun lebih kecil dari Soundcloud, Soundtrap memiliki alat pembuatan musik yang tidak dimiliki oleh Soundcloud. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /