LINE dan BEKRAF Ingin Kreator Indonesia Sadar Pentingnya HAKI

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 28 Oct 2017 09:52 WIB
line
LINE dan BEKRAF Ingin Kreator Indonesia Sadar Pentingnya HAKI
PR Director LINE Indonesia, Dhyoti Basuki-Ramdhani. (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: LINE menggelar roadshow ke tujuh kota di Indonesia untuk mempromosikan ajang LINE Creativate.

Ketujuh kota tersebut adalah Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, Medan, Banjarmasin dan Denpasar. Roadshow yang dimulai pada 19 Agustus ini disponsori oleh BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif). 

"Kita menjelaskan tentang Creativate, BEKRAF menjelaskan tentang HAKI," kata PR Director LINE Indonesia, Dhyoti Basuki-Ramdhani saat ditemui di Kota Kasanblanka, Jumat (27/10/2017). HAKI yang Dhyoti maksud adalah Hak Atas Kekayaan Intelektual.

Dia menjelaskan, BEKRAF berusaha untuk meningkatkan kesadaran kreator Indonesia mengenai betapa pentingnya mendaftarkan properti intelektual mereka. 

Dhyoti juga menyebutkan, selama tur, BEKRAF membantu para kreator atau calon kreator untuk mendaftarkan properti intelektual mereka dan menjelaskan keuntungan yang didapatkan oleh kreator setelah mendaftarkan properti intelektual, yaitu royalti.

Kerja sama antara BEKRAF dan LINE merupakan kerja sama mutualisme, mengingat keduanya memang sama-sama menargetkan kreator di Indonesia. 

"BEKRAF mendorong kreator untuk punya HAKI. Kita punya platform, sementara BEKRAF punya program sendiri," kata Dhyoti.

"Mereka ingin semua pelaku kreatif di Indonesia, apakah penulis lagu, apakah pembuat stiker atau penulis, untuk mendaftarkan kekayaan intelektual mereka. Karena tidak semua orang sadar akan itu. Para kreator harus diajarin, sebelum terlambat."

Triawan Munaf, Kepala BEKRAF. (MTVN)

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua BEKRAF, Triawan Munaf. "Kita melakukan tur ke beberapa kota, memberikan HAKI," katanya. Dia menjelaskan, BEKRAF membantu para kreator untuk mendaftarkan properti intelektual mereka menggunakan berbagai tool yang BEKRAF miliki.

Dia menyebutkan, dalam kerja sama dengan LINE, BEKRAF tidak berusaha untuk mendapatkan uang. "Kita memang hanya ingin memberikan manfaat pada kreator, baik kreator dari LINE, Facebook atau Instagram, siapa saja kita bantu."


(MMI)