CES 2018

Samsung Pamer TV Modular 146 Inci

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 08 Jan 2018 11:55 WIB
samsungces 2018
Samsung Pamer TV Modular 146 Inci
Samsung mengumumkan layar berukuran 146 inci, diklaim sebagai layar TV modular pertama di dunia.

Jakarta: Samsung siap memeriahkan ajang CES 2018 dengan produk TV unggulannya bertajuk The Wall, diklaim sebagai TV modular pertama di dunia. The Wall hadir dengan dimensi 146 inci menggunakan teknologi MicroLED untuk memproduksi gambar.

MicroLED memiliki sejumlah keunggulan serupa OLED. Masing-masing LED mikroskopik dapat memancarkan cahayanya sendiri, dan tidak membutuhkan backlight. Hal ini menciptakan warna hitam pekat dan warna lain secerah OLED.

Teknologi ini juga mampu menghadirkan gambar dengan tingkat kecerahan yang baik. Selain itu, The Wall hadir dengan desain bingkai tipis yang digambarkan Samsung sebagai basis modul. Samsung menyebut desain ini memungkinkan pengguna untuk menciptakan ukuran TV sesuai kebutuhan.

Samsung tidak secara spesifik menjelaskan cara kerja televisi terbarunya ini, dan hanya mengungkapkan bahwa layar modular ini dapat digunakan untuk menciptakan layar luas di dinding, atau memungkinkan pelanggan untuk memperbesar ukuran layar tradisional guna menyesuaikan dengan ruang baru di rumah.

Selain itu, Samsung juga tidak menjelaskan secara spesifik konsep dan jumlah modul yang akan dipamerkannya pada ajang First Look, di Las Vegas, Amerika Serikat. Namun, The Verge melaporkan bahwa Samsung menyediakan panel MicroLED contoh pada acara awal CES 2018 untuk menunjukan piksel RGB berukuran kecil.

Saat ini The Wall masih berupa konsep, namun Samsung mengaku telah memiliki rencana untuk menjualnya. Samsung berjanji mengungkap lebih banyak informasi pada acara peluncuran globalnya, yang direncanakan pada kuartal kedua mendatang.

Sementara itu sebelumnya, Samsung juga dilaporkan berencana meningkatkan kualitas lini smartwatch karyanya, melalui pembekalan paten berisi fitur menarik baru. Rangkaian paten didaftarkan Samsung pada bulan Desember lalu ini, salah satunya adalah tali smartwatch dengan bekal baterai terintegrasi.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.