Google dan Apple Tambal Celah Keamanan di 1 Miliar Ponsel

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 31 Jul 2017 10:18 WIB
applegooglecyber security
Google dan Apple Tambal Celah Keamanan di 1 Miliar Ponsel
Google dan Apple menggulirkan update berisi patch keamanan untuk kerentanan WI-Fi.

Metrotvnews.com: Dalam konferensi keamanan Black Hat di Las Vegas, Nitay Artenstein dari Exodus Intelligence ingin membuktikan bahwa bahwa sejumlah chip Wi-Fi yang diproduksi Broadcom dapat berdampak negatif pada satu miliar perangkat.

Tidak hanya perangkat Android, dampak negatif tersebut juga dapat mempengaruhi perangkat Android. Phone Arena juga melaporkan, kode serangan dikirimkan oleh Artenstein meminta izin koneksi dengan perangkat komputasi terdekat.

Saat permintaan ini diterima oleh perangkat pengguna chip Wi-Fi model BCM43xx yang ditemukan pada smartphone tertentu. Firmware tersebut akan mengendalikan chip yang telah diubah dengan memanfaatkan serangan tersebut.

Chip yang terinfeksi ini kemudian akan mengirimkan paket berbahaya kepada perangkat lain, dan menciptakan efek domino. Dengan demikian, sekitar sebanyak satu miliar perangkat rentan terhadap serangan ini.

Menanggapi hal tersebut, Google menggulirkan update berisi patch keamanan pada awal bulan Juli. Pengguliran update berisi patch keamanan untuk kerentanan tersebut juga dilakukan oleh Apple.

Artenstein, yang menamai kode berbahaya tersebut dengan “Broadpwn”, menyebut bahwa serangan tersebut berfungsi pada Apple iPhone 5 dan seterusnya. Untuk perangkat Android, kode berbahaya tersebut dapat menginfeksi Nexus 5, Nexus 5x, Nexus 6, dan Nexus 6P, serta Samsung Galaxy S3 dan Galaxy S8.

Pembaruan berisi patch yang digulirkan Apple dan Google, pengguna perangkat tersebut tidak lagi perlu khawatir. Namun, penutupan celah tersebut tidak mengakhiri peluang serangan lain terjadi pada celah lain, sehingga perusahaan seperti Google dan Apple tidak boleh lengah.


(MMI)

Video /