Microsoft Buat Prosesor AI Khusus untuk HoloLens

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 25 Jul 2017 12:51 WIB
microsoftvirtual reality
Microsoft Buat Prosesor AI Khusus untuk HoloLens
Prosesor khusus ini akan Microsoft tanamkan pada HoloLens generasi kedua.

Metrotvnews.com: Microsoft baru saja mengumumkan bahwa headset mixed reality HoloLens generasi berikutnya akan dilengkapi dengan chip AI. Prosesor yang didesain tapi tidak dimanufaktur oleh Microsoft ini akan digunakan untuk menganalisa data visual secara langsung pada perangkat, sehingga dapat menghemat waktu pemprosesan karena data tidak perlu dikirim ke cloud. Hasilnya, ujar Microsoft, HoloLens akan memiliki performa yang lebih cepat. 

Saat ini, perusahaan-perusahaan teknologi di Silicon Valley memang tengah berlomba-lomba untuk menawarkan teknologi yang menggunakan kecerdasan buatan. Sekarang, semakin banyak smartphone yang menawarkan fungsi AI, meski ponsel sebenarnya kurang mumpuni untuk menjalankan AI. Biasanya, penggunaan AI pada ponsel akan membuat performanya melambat atau baterainya cepat habis, seperti yang disebutkan oleh The Verge.

Namun, membuat agar AI bisa berjalan langsung pada perangkat, baik ponsel atau headset AR, memiliki beberapa keuntungan. Menurut Microsoft, salah satunya adalah performa yang lebih cepat. Selain itu, ini juga membuat perangkat menjadi lebih ramah pengguna karena ia tidak harus terus terhubung ke internet. Perangkat juga menjadi lebih aman karena data pengguna hanya tersimpan pada perangkat. 

Ada dua cara untuk menjalankan AI pada perangkat. Pertama adalah membangun sistem kecerdasan buatan yang ringan yang tidak memerlukan tenaga komputasi besar, seperti yang dilakukan oleh Facebook dan Google. Kedua adalah menciptakan prosesor, arsitektur, dan software khusus AI, seperti yang dilakukan oleh ARM dan Qualcomm. Apple juga dirumorkan tengah mengembangkan prosesor AI sendiri untuk iPhone. Dan kini, Microsoft melakukan hal yang sama pada HoloLens. 

Kepada Bloomberg, teknisi Microsoft Research, Doug Burger berkata, Microsoft menghadapi tantangan untuk membuat prosesor AI dengan sangat serius. Dia menambahkan, "Aspirasi kami adalah untuk menjadi perusahaan nomor satu di cloud AI." Mengembangkan fitur AI pada HoloLens dapat membantu Microsoft untuk mencapai tujuan mereka. 


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.