Bidik ASUS dan MSI, Dell Ubah Target Pasar Gaming?

Mohammad Mamduh    •    Selasa, 29 Aug 2017 18:03 WIB
dell
Bidik ASUS dan MSI, Dell Ubah Target Pasar Gaming?
Inspiron gaming saat meluncur di Indonesia

Metrotvnews.com: Dell tampaknya berencana meluncurkan jajaran produk gaming terbaru tahun depan. Satu yang akan menjadi pembeda adalah jajaran produk tersebut bakal masuk ke dalam seri Light Gaming, dan berdasarkan keterangan yang dihimpun dari berbagai sumber, seri gaming ini akan berbeda dari Alienware.

Menurut informasi yang didapat Digitimes dari salah satu rantai pemasok produk Dell, seri Light Gaming bakal menyasar kelas menengah. Seperti yang kita ketahui, pasar kelas menengah ke atas untuk gaming sudah diramaikan oleh produsen asal Taiwan. Sebut saja ASUS dengan merek ROG dan MSI dengan Gaming G Series, disusul dengan Acer yang mulai menunjukkan geliatnya di sektor yang sama tahun ini.

Salah satu bukti yang menunjukkan Dell memperluas pasar ini adalah mereka telah mulai mengajukan permohonan untuk pembuatan produk gaming ini. Belum diketahui jenis produk apa saja yang bakal diluncurkan, tetapi kemungkinan besar Dell juga bakal menghadirkan notebook gaming di kelas tersebut. Artinya, Dell bakal mendapatkan kompetisi yang lebih ketat dari produsen Taiwan.

Sementara itu, jajaran produk baru ini akan dipisah dengan seri sebelumnya yang masuk di bawah nama Alienware. Hal ini demi memastikan bahwa produk tersebut mempunyai target pasar yang lebih jelas. Artinya, Dell tidak akan menurunkan kasta Alienware yang selama ini dikenal sebagai produk gaming mahal.

Informasi tambahan, Compal Electronics adalah pabrik asal Taiwan yang memasok 60-70 persen notebook Dell selama 2017. Mereka juga merupakan pemasok terbesar Alienware, sementara sisanya diproduksi oleh Pegatron Technology dan Wistron. Menurut sumber yang terpercaya, ketiga pabrik ini sudah menyatakan kesiapannya untuk memproduksi lini gaming teranyar dari Dell tersebut. 

Sejauh ini, Alienware adalah lini gaming kelas atas dari Dell, dengan laptop gaming seri termurah berlayar 13 inci dipatok USD1.099 atau sekitar Rp14,6 juta. Untuk pasar Indonesia, Dell memasok Inspiron 15 Gaming dengan harga mulai dari Rp12,6 juta. Kemungkinan besar, seri Light Gaming bakal dipatok USD799-899 (sekitar Rp10 juta). Harga yang cukup kompetitif mengingat ASUS dan MSI bermain sangat serius di kelas ini. 

Dell sendiri telah meluncurkan lini gaming seri Inspiron 5000 dan 700, dengan kisaran harga Rp8,6 juta sampai Rp10 juta. Kehadiran lini Light Gaming mungkin bakal memberikan efek yang kurang bagus terhadap Inspiron yang menyediakan spesifikasi gaming.


(MMI)

Xiaomi  Mi 7 Muncul di MWC 2018?
MWC 2018

Xiaomi Mi 7 Muncul di MWC 2018?

1 day Ago

Xiaomi akan turut hadir di ajang MWC 2018 mendatang, dan dikabarkan akan mengumumkan Mi 7.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.