Visor, Headset Mixed Reality Pertama Buatan Dell

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 29 Aug 2017 11:20 WIB
microsoftdellvirtual reality
Visor, Headset Mixed Reality Pertama Buatan Dell
Dell Visor.

Metrotvnews.com: Dell baru saja mengumumkan Dell Visor, headset Mixed Reality pertama dari Dell. Headset ini akan memanfaatkan platform Windows Mixed Reality buatan Microsoft.

Headset tersebut akan tersedia pada bulan Oktober seharga USD350 (Rp4,7 juta). Dell juga memaketkannya dengan dua controller dengan harga USD450 (Rp6 juta). Dell pertama kali mengumumkan rencananya untuk membuat headset ini pada bulan Mei lalu.

Meskipun Microsoft menyebut platform buatannya sebagai platform "Mixed Reality", tapi demonstrasi awal dari platform tersebut hanya menunjukkan pengalaman Virtual Reality. Meskipun begitu, headset untuk Mixed Reality ini biasanya dilengkapi dengan kamera depan yang memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan teknologi VR atau AR (Augmented Reality). 

Apa bedanya VR dan AR?

Seperti yang dijelaskan oleh TechTimes, teknologi AR akan menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual. Para developer biasanya akan membuat gambar dalam aplikasi yang akan menyatu dengan obyek yang ada di dunia nyata. Contohnya adalah Pokemon Go. 

Sementara teknologi VR fokus untuk mengembangkan dunia virtual yang akan pengguna masuki. Dalam dunia itu, pengguna seharusnya bisa berinteraksi dengan obyek yang ada dalam dunia virtual tersebut. Idealnya, dunia virtual akan membuat pengguna tidak bisa membedakan apa yang nyata dan tidak. 

Dell meluncurkan Visor karena ingin memberikan opsi dengan harga "terjangkau". Namun, jika dibandingkan dengan headset VR lainnya, harga Dell Visor ini tidak jauh berbeda. Misalnya, Vive lengkap dengan aksesorinya dihargai USD599 (Rp8 juta) dan Oculus Rift beserta remote control dihargai USD399 (Rp5,3 juta).

Dengan harga yang tidak jauh berbeda, Microsoft dan Dell harus bisa memberikan sesuatu yang unik sebagai daya jual Visor.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.