Gmail untuk iOS Bisa Pantau Penipuan

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 12 Aug 2017 12:28 WIB
google
Gmail untuk iOS Bisa Pantau Penipuan
Google menghadirkan fitur peringatan terkait tautan mencurigakan dan email penipuan.

Metrotvnews.com: Gmail versi iOS kini memperingatkan pengguna saat tautan pada email yang diterima pengguna, yang dinilai mencurigakan. Peringatan tautan mencurigakan tersebut hadir dalam bentuk kotak yang menyatakan cara tautan mengarahkan ke situs tidak terpercaya.

Menurut Phone Arena, peringatan lain dari Google menyediakan definisi sempurna dari skema penipuan dan memberitahukan "Situs yang Anda coba buka telah diidentifikasi sebagai pemalsuan yang dirancang untuk mengelabuhi Anda untuk mengungkap informasi finansial, personal atau informasi sensitif lainnya."

Jika kotak muncul sebelum pengguna mengklik tautan, pengguna disarankan untuk menghentikan pelacakan dan tidak memprosesnya. Google sebelumnya menawarkan proteksi anti-phising di aplikasi Gmail versi Android pada awal tahun ini.

Gmail versi iOS akan menawarkan fitur ini baik pada smartphone karya Apple, yaitu Phone ataupun tabletnya, yaitu iPad. Penipuan menjadi permasalahan serius bagu pengguna yang menangani kegiatan keuangan secara online.

Dengan mengirimkan dokumen palsu kepada pemegang akun finansial online tersebut, pelaku kejahatan penipuan ini mencoba menguasai pemegang akun untuk mengungkapkan informasi personal, seperti password, nomor akun, nama ibu, dan sebagainya, untuk dapat mengakses akun tersebut.

Peringatan pertama dikirimkan Google mengungkap tautan yang dicurigai mengarahkan ke situs tidak dipercaya, dan kemudian meminta pengguna untuk melanjutkan proses. Jika klik pada tautan yang diketahui Google berbahaya, peringata berbeda akan memberitahukan pengguna untuk tidak mengunjungi alamat URL asli.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.