Gmail untuk iOS Bisa Pantau Penipuan

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 12 Aug 2017 12:28 WIB
google
Gmail untuk iOS Bisa Pantau Penipuan
Google menghadirkan fitur peringatan terkait tautan mencurigakan dan email penipuan.

Metrotvnews.com: Gmail versi iOS kini memperingatkan pengguna saat tautan pada email yang diterima pengguna, yang dinilai mencurigakan. Peringatan tautan mencurigakan tersebut hadir dalam bentuk kotak yang menyatakan cara tautan mengarahkan ke situs tidak terpercaya.

Menurut Phone Arena, peringatan lain dari Google menyediakan definisi sempurna dari skema penipuan dan memberitahukan "Situs yang Anda coba buka telah diidentifikasi sebagai pemalsuan yang dirancang untuk mengelabuhi Anda untuk mengungkap informasi finansial, personal atau informasi sensitif lainnya."

Jika kotak muncul sebelum pengguna mengklik tautan, pengguna disarankan untuk menghentikan pelacakan dan tidak memprosesnya. Google sebelumnya menawarkan proteksi anti-phising di aplikasi Gmail versi Android pada awal tahun ini.

Gmail versi iOS akan menawarkan fitur ini baik pada smartphone karya Apple, yaitu Phone ataupun tabletnya, yaitu iPad. Penipuan menjadi permasalahan serius bagu pengguna yang menangani kegiatan keuangan secara online.

Dengan mengirimkan dokumen palsu kepada pemegang akun finansial online tersebut, pelaku kejahatan penipuan ini mencoba menguasai pemegang akun untuk mengungkapkan informasi personal, seperti password, nomor akun, nama ibu, dan sebagainya, untuk dapat mengakses akun tersebut.

Peringatan pertama dikirimkan Google mengungkap tautan yang dicurigai mengarahkan ke situs tidak dipercaya, dan kemudian meminta pengguna untuk melanjutkan proses. Jika klik pada tautan yang diketahui Google berbahaya, peringata berbeda akan memberitahukan pengguna untuk tidak mengunjungi alamat URL asli.


(MMI)

Video /