MWC Shanghai 2017

Bos Qualcomm: Dampak Ekonomi 5G Bisa Capai USD12 Triliun

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 30 Jun 2017 07:57 WIB
qualcomm
Bos Qualcomm: Dampak Ekonomi 5G Bisa Capai USD12 Triliun
CEO Qualcomm, Steve Mollenkopf.

Metrotvnews.com, Shanghai: Keberadaan 5G dapat memberikan dampak ekonomi sebesar USD12 triliun (sekitar Rp159 kuadriliun) pada 2035.

Pada tahun yang sama, akan ada 12,5 juta pekerjaan terkait 5G di Tiongkok, Korea Selatan dan Jepang dengan dampak ekonomi sebesar USD1.6 triliun. Setidaknya begitulah yang disampaikan oleh CEO Qualcomm, Steve Mollenkopf dalam acara MWC Shanghai 2017.

"Satu hal yang paling penting adalah berkat 5G, akan ada berbagai layanan baru dan model bisnis baru," ujar Mollenkopf. Ucapannya ini didukung oleh survei yang Qualcomm lakukan pada konsumen Tiongkok. Dalam survei tersebut, diketahui bahwa sebanyak 93 persen responden percaya berbagai produk dan layanan baru akan muncul berkat 5G.

Dengan adanya 5G, Mollenkopf percaya, industri Internet of Things (IoT) juga akan tumbuh. Selain itu, industri yang akan berkembang berkat 5G adalah mobil otonom. Faktanya, menurut Mollenkopf, dari total keuntungan yang dihasilkan dalam industri IoT, sebanyak USD2.4 triliun akan datang dari industri otomotif. 



Meskipun Qualcomm lebih dikenal dengan Snapdragon buatannya, perusahaan asal Amerika Serikat itu sebenarnya juga membuat untuk perangkat IoT. Vice President, Product Management, Qualcomm, Seshu Madhavapeddy mengatakan, saat ini, setiap harinya, Qualcomm mengirimkan lebih dari 1 juta chip untuk perangkat IoT. 

"Kami tidak diam saja. Kami secara strategis mengembangkan bisnis IoT yang merupakan bisnis yang berkembang dengan cepat. Ini merupakan kesempatan besar," ujar Seshu. Qualcomm membuat chip untuk berbagai perangkat IoT, mulai dari chip untuk drone, kamera keamanan, hingga headset AR dan VR. 

Seshu menyebutkan, berkat pengalamannya sebagai manufaktur prosesor perangkat mobile, Qualcomm memiliki pondasi teknologi yang kuat untuk mengembangkan chipset untuk perangkat IoT. 


(MMI)

Video /