Lagi, Intel Bajak Mantan Pejabat AMD

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 01 May 2018 14:29 WIB
amdintel
Lagi, Intel Bajak Mantan Pejabat AMD
Chris Hook menjadi sosok penting dalam pemasakan produk discrete GPU atau kartu grafis AMD yakni Radeon.

Jakarta: Semakin menarik untuk melihat langkah dan strategi Intel tahun ini dan di 2019. Baru saja dikabarkan bahwa perusahaan produsen prosesor tersebut kembali berhasil menarik pejabat penting di AMD.

Dikutip dari Forbes, mantan Senior Director of Global Product Marketing AMD khusus di produk GPU AMD yakni Chris Hook diketahui kini bergabung dengan Intel setelah seminggu sebelumnya dia menyatakan keluar dari AMD. Seperti yang sudah diduga, Hook dikabarkan akan memimpin pengembangan penjualan GPU Intel.

Hal semakin memperkuat bahwa Intel tidak hanya tengah menggarap proyek tapi juga menyiapkan discrete GPU yang akan mulai dipasarkan dalam waktu dekat, bisa tahun ini atau 2019 nanti. Langkah ini tentu akan mempertegas Intel yang juga akan terjun ke bisnis GPU sekaligus CPU seperti AMD.

Beberapa minggu lalu saat Hook mengumumkan rencananya untuk meninggalkan AMD pada akhir April, dia sama sekali tidak menyebutkan kemana Hook akan melanjutkan karirnya. Tidak seperti Jim Keller yang sudah diumumkan bergabung ke Intel oleh pihak Intel lewat situs resmi mereka, saat ini Intel belum memberikan pernyataan resmi.

Seperti yang diketahui bahwa Jim Keller merupakan sosok dibalik kesuksesan prosesor AMD mengalaahkan beberapa prosesor Intel termasuk pencetus arsitektur prosesor Zen atay Ryzen.

Sebelumnya di akhir tahun 2017 Intel juga resmi membawa Raja Koduri mantan Senior VP and Chief Architect AMD Radeon ke pangkuan mereka.

Alhasil, Intel tampak sudah sangat siap mengambil ancang-ancang penuh untuk mengembangkan prosesor sekaligus GPU mereka bermodalkan sosok penting dari AMD yang berhasil mereka kantungi.

Beredar kabar bahwa strategi Intel kali ini dilakukan untuk bisa menghadirkan prosesor sekaligus GPU yang ditujukan khusus bagi gamer.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.