Milenial Gemar Akses Mobile Legends Selama Lebaran

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 20 Jun 2018 07:32 WIB
telekomunikasitri
Milenial Gemar Akses Mobile Legends Selama Lebaran
Operator Tri Hutchison.

Jakarta: Operator Tri (Hutchinson) menjadi operator ketiga yang memaparkan pantauan trafik layanan telekomunikasi selama momen liburan dan mudik Lebaran kepada Medcom.id.

Dalam pantauan Tri, pelanggan kalangan milenial menjadi fokus utama karena mendominasi jumlah pelanggan. Tri menyatakan bahwa pelanggan milenial Tri menikmati masa liburan dan perjalanan mudik dengan mengakses Mobile Legends.

Tidak kurang 91 persen trafik data di Tri didominasi oleh kegiatan tersebut, disusul dengan aplikasi pengirim pesan dan media sosial.

WhatsApp disebut Tri menjadi salah satu aplikasi kedua yang paling banyak digunakan untuk menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri, baik lewat fitur chat maupun video call. Kemudian disusul aplikasi YouTube sebagai salah satu aplikasi hiburan yang banyak diakses.

Pihak Tri mengakui bahwa tren yang sama juga terjadi tahun sebelumnya, tahun ini layanan data masih mendominasi trafik di jaringan Tri yaitu hampir 90 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu dan meningkat 11 persen apabila dibandingkan hari biasa.

Perpindahan trafik terjadi dari kota Jakarta dan kota besar ke kota-kota tujuan mudik mulai H-6 ditandai dengan arus mudik yang mulai terjadi di periode tersebut. Kota-kota yang mengalami lonjakan trafik tertinggi adalah Cianjur, Cirebon, Purwokerto, Kediri serta Sidoarjo dan sekitarnya.

"Kami telah berhasil mentransformasikan core network system yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan trafik komunikasi data Tri tidak terpusat," beber CTO Tri Indonesia Desmond Cheung.

Pada acara di bulan Mei 2018 lalu, Chief Commercial Officer Tri Dolly Susanto mengungkapkan bahwa jumlah pelangga Tri yang sudah melakukan registrasi sudah mencapai 30 juta dari angka total pengguna di kahir 2017 yang mencapai 63,8 juta. 80 persen di antaranya adalah kalangan milenial.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.