Oppo F9 Muncul, Poni Kecil

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 23 Aug 2018 17:50 WIB
oppo
Oppo F9 Muncul, Poni Kecil
Peluncuran Oppo F9. (Medcom.id)

Jakarta: Oppo merilis smartphone baru, F9. Ponsel baru dari Oppo ini memiliki desain yang disebut Waterdrop Screen. Dengan desain ini, Oppo bisa membuat notch atau poni pada F9 menjadi jauh lebih kecil dari poni pada ponsel lain yang ada selama ini.

Dengan begitu, Oppo bisa membuat F9 memiliki rasio bodi dan layar 90,8 persen. Oppo F9 memiliki layar 6,3 inci dengan resolusi FHD+, MediaTek P60 sebagai prosesor, RAM 4GB, dan memori internal 64GB.

Oppo akhirnya memutuskan untuk memasang dua kamera belakang pada F9. Ponsel ini menggunakan kamera 16MP dan 2MP dengan aperture f/1.8 dan f/2.4. Sementara untuk kamera depan, Oppo memasang kamera 25MP.

Kamera depan dari Oppo F9 sudah dilengkapi dengan teknologi pengenalan wajah sehingga ponsel ini sudah bisa dilengkapi dengan fitur Face Unlock.

Fitur ini memungkinkan Anda membuka kunci ponsel dengan wajah, fitur yang menjadi popular setelah Apple memperkenalkan Face ID pada iPhone X.



Satu fitur yang Oppo unggulkan pada F9 adalah VOOC Flash Charge. Marketing Plan Oppo, Indonesia, Suwanto mengatakan bahwa dengan pengisian baterai kilat ini, F9 akan bisa digunakan untuk mengobrol selama 2 jam hanya dengan pengisian baterai selama 5 menit.

"Kami tidak hanya menggunakan satu sistem keamanan, tapi lima level keamanan," kata Suwanto dalam acara peluncuran Oppo F9 yang diadakan di Ciputra Artpreneur.

"Level pertama, pada adapter kami menanamkan sensor untuk memastikan tegangan tetap stabil. Kami juga memasang chip MCU pada adapter untuk mendeteksi perangkat agar ia tetap dalam kondisi aman saat mengisi baterai dengan arus besar

"Level tiga, kami memasang chip MCU pada smartphone yang secara cerdas mengatur arus besar yang masuk ke smartphone. Kami juga memasang IC khusus untuk megnedalikan arus daya besar yang masuk ke baterai untuk menjami tidak terjadi overload atau kelebihan daya."



Terakhr, dia menjelaskan, Oppo F9 juga memiliki sekering khusus yang akan menghentikan pengisian daya jika terjadi overload. Oppo F9 tersedia dalam dua warna, merah dan biru. Ponsel ini telah tersedia dengan harga Rp4.299.000.

Oppo akan menyediakan varian 6GB pada 15 September dan memperkenalkan warna baru pada 20 September. Sayangnya, Oppo tidak menyebutkan harga dari varian 6GB atau warna baru dari F9. 


(MMI)

Xiaomi Mi A2 Lite, Layak Anda Beli?
Review Smartphone

Xiaomi Mi A2 Lite, Layak Anda Beli?

10 hours Ago

Seperti apakah Xiaomi Mi A2 Lite? Apakah ponsel ini bisa memikat hati? Berikut ulasan Medc…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.