Motherboard Z370 Gigabyte Dukung Built-in Intel Optane

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 25 Apr 2018 11:43 WIB
gigabyte
Motherboard Z370 Gigabyte Dukung Built-in Intel Optane
Teknologi Intel Optane Memory.

Jakarta: Gigabyte ikut merilis jajaran motherboard yang telah mengdopsi chipset Intel Z370. Namun, daya tariknya bukan disitu karena semua produsen motherboard bisa melakukannya.

Daya tarik dari jajaran motherboard Gigabyte dari keluarga Z370 adalah seluruhnya hadir dengan mendukung fitur built-in Intel Optane Memory dan prosesor berasitektur Intel Core i7+ dan i5+.

Bagi Anda yang belum mengetahui prosesor Intel dengan embel "+" di akhir namanya, tanda tersebut diartikan bahwa prosesor yang digunakan sudah hadir langsung mendukung teknologi Intel Optane Memory sehingga performa jauh lebih kencang.

Kepada Medcom.id, Gigabyte mengatakan ada beberapa motherboard yang dirilis dengan built-in Intel Optane Memory kapasitas 32GB, di antaranya adalah the Z370 AORUS Gaming 7-OP, Z370 AORUS Ultra Gaming WiFi-OP, Z370 AORUS Ultra Gaming 2.0-OP, dan Z370 HD3-OP.



"Hal ini dilakukan oleh kami untuk memanjakan para gamer. Biasanya mereka menggunakan SSD untuk sistem operasi dan menggunakan HDD yang kapasitasnya lebih besar unntuk menyimpan data atau storage," ungkap Deputy Director Gigabyte Jackson Hsu.

Menurutnya teknologi Intel Optane Memory yang langsung tertanam di motherboard mereka mampu melipat gandakan performa HDD sehingga akses data dilakukan secepat SSD.

Gigabyte menjelaskan bahwa pengguna awam juga tidak perlu binggung untuk menggunakan fitur ini. Pengguna motherboard Gigabyte cukup mengakses software yang sudah tersedia di dalamnya, kemudian memilih SATA disk yang ingin performanya ditingkatkan dengan Intel Optane Memory.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.