Melihat Tingkah Laku Konsumen di Festival Belanja Online 11.11

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 18 Nov 2018 13:43 WIB
e-commerce
Melihat Tingkah Laku Konsumen di Festival Belanja Online 11.11
E-commerce.

Jakarta: Festival belanja online 11.11 atau Singles Day yang berlangsung pada 11 November 2018, dinilai banyak pihak baik konsumen maupun e-commerce sukses besar. Kegiatan belanja online di Indonesia tampak tidak asing lagi.

Selalu menarik untuk melihat tingkah laku konsumen Indonesia dalam merasakan pengalaman belanja online yang dibanjiri dengan beragam diskon dan promo.

iPrice Group membagikan data menarik terkait tingkah laku konsumen Indonesia pada festival belanja online 11.11. Pertama adalah konsumen Indonesia rela begadang demi menantikan jam Singles Day dimulai.

Singles Day yang sudah dimulai sejak tanggal 10 November 2018 terpantau oleh tim iPrice trafiknya mulai mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya.



Trafik pada hari normal biasanya menurun dari pukul 21.00 malam hingga pukul 04.00 pagi. Data pada 10 November menunjukkan bahwa trafik mulai naik sejak pukul 22.00 malam dan menjelang pada pukul 23.00 peningkatan sebesar 50 persen jika dibandingkan dengan hari normal.

Data lainnya memaparkan bahwa konsumen juga sangat aktif mencari promo yang mereka inginkan salah satu yang terbsesar justru promo tiket penerbangan dan bukan lagi sekadar produk.

Pada Singles Day tahun ini tim iPrice menmukan banyak dari konsumen yang mencari promo maskapai penerbangan Air Asia, kira-kira mencapai 22 persen dari pencarian keseluruhan.

Pencarian promo lainnya ada terkait promo kode voucher dan promo tiket dari Tix, yakni sama-sama 22 persen.



Di belakangnya disusul pencarian promo makanan dan merek fesyen dan kecantikan sebesar 17 persen. iPrice juga menemukan data menarik lainnya yakni konsumen pria justru paling aktif dan banyak berbelanja di Singles Day ketimbang konsumen perempuan.

iPrice mencatat 55 persen konsumen yang berbelanja selama 11.11 atau Singles Day adalah kalangan pria sementara kalangan perempuan hanya sebesar 45 persen. Artinya label bahwa perempuan adalah "tukang belanja" tidak sepenuhnya benar di kegiatan belanja online.



Kemungkinan besar demografis tersebut didorong oleh promosi barang-barang elektronik yang kebanyakan diminati kalangan pria, misanya laptop, perlengkapan komputer, smartphone, dan lain-lain.


(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

1 week Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.