Nikon Bawa Mirrorless Full Frame Nikon Z7 dan Nikon Z6

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 25 Oct 2018 10:08 WIB
nikon
Nikon Bawa Mirrorless Full Frame Nikon Z7 dan Nikon Z6
Nikon akhirnya meluncurkan dua kamera mirrorless berformat full frame, Nikon Z 7 dan Nikon Z 6.

Jakarta: Nikon mengumumkan kehadiran dua kamera mirrorless FX full-frame di Indonesia, Nikon Z7 dan Nikon Z6. Bersamaan dengan pengumuman ini, Nikon turut memperkenalkan jajaran lensa Nikkor Z, dengan mount berdiameter lebih lebar.

"Karena saat ini melihat market mengarah pada mirrorless dan sudah saatnya Nikon berada pada pasar ini. Tidak merasa terlambat, karena Nikon lebih memilih survei terlebih dahulu dan tidak mau mengeluarkan produk sembarangan" ujar General Manager Of Imaging Division Nikon Indonesia, Sukimin Thio.

Nikon Z7 hadir lensa berkekuatan 45,7MP dengan rentan sensitivitas standar ISO 64-256000. Sedangkan Z6 merupakan kamera all-purpose FX-format, memiliki kualitas piksel sebesar 24,5MP dengan rentan sensitivitas standar ISO 100-51200.

Kedua kamera ini disebut berbekal fitur full frame dengan pencahayaan dari sisi belakang, teknologi sensor Fx format CMOS, dengan local plane phase detection Af piksel. Selain itu, kamera ini juga didukung oleh mesin pemprosesan gambar terbaru, yaitu Expeed 6.

Sistem AF Hibrida yang mendukung kedua kamera tersebut diklaim Nikon, dibuat agar cakupan area menjadi lebih luas, mampu mencapai 90 persen dari area bidikan. Sistem AF Hibrida ini dibuat menggunakan algoritma yang dioptimalkan untuk teknologi sensor FX Format.

Untuk merekam video, Nikon Z 7 dan Nikon Z 6 diklaim mampu menghasilkan rekaman berkualitas full-HD/120p yang hasilnya video 4K UHD menggunakan full-pixel readout. Selain itu kamera ini juga didukung oleh fungsi color depth dan twelve stop serta timecode.

Keduanya turut dibekali dengan teknologi vibration reduction, diklaim mampu menghasilkan kompensasi gerak pada kelima sumbu. Efeknya sama dengan kecepatan shutter mencapai 5,0 stop, dan kecepatan continuous shooting untuk Z7 rata-rata 9 fps dan 12 fps untuk Z6.

Selain meluncurkan 2 kamera mirrorless, Nikon juga meluncurkan 3 lensa kamera. Diantaranya NIKKOR Z 24-70mm f/4 S, wide angle prime NIKKOR Z 35 mm f/1.8 S, serta standard prime NiKKOR Z 50 mm f/1.8 mm.


(MMI)

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni
Review Smartphone

Advan G3, Bodi Keren Speaker Mumpuni

3 days Ago

Advan adalah produsen smartphone lokal yang bisa dibilang pejuang sejati. 

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.