Black Shark Helo Dirilis, Punya RAM 10GB

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 24 Oct 2018 08:35 WIB
xiaomi
Black Shark Helo Dirilis, Punya RAM 10GB
Black Shark Helo juga dilengkapi dengan joy-con. (WCCFtech)

Jakarta: Black Shark, merek di bawah Xiaomi, meluncurkan smartphone gaming barunnya. Black Shark Helo dirilis di Tiongkok dengan spesifikasi layaknya smartphone premium saat ini. 

Dari segi desain, Black Shark Helo mirip dengan pendahulunya. Namun, ada satu hal yang menjadi pencapaian dari ponsel ini. Black Shark Helo adalah smartphone pertama yang memiliki RAM 10GB, lapor WCCFtech.

Ponsel gaming itu menggunakan Qualcomm Snapdragon 845 sebagai prosesor dengan memori 256GB. Ia memiliki layar AMOLED 6,01 inci dengan resolusi Full HD+ dan rasio 18:9. 

Pada bagian belakang ponsel, Anda akan menemukan logo Black Shark yang terlihat menyala. Ponsel gaming baru ini juga memiliki garis LED pada sisinya.

Untuk kamera, ponsel itu mempunyai dua kamera belakang, 20MP dan 12MP, yang sudah dilengkapi Phase-Detection Autofocus.

Pada bagian depan, ia memiliki kamera 20MP, lengkp dengan AI yang bisa membedakan berbagai keadaan. Selain itu, ia juga sudah dipersenjatai dengan fitur portrait dan beauty, mengingat konsumen Tiongkok suka dengan kedua fitur itu. 



Black Shark Helo memiliki baterai yang sedikit lebih besar dari pendahulunya, 4.000 mAh denngan charger 18 watt. Pada bagian depan, terdapat stereo speaker. Ponsel ini juga hadir dengan tiga mikrofon, dua mikforon standar dan satu mikrofon ekstra untuk menjawab panggilan ketika sedang bermmain.

Pada sebelah kiri, terdapat tombol khusus untuk membatasi kegiatan yang ponsel jalankan untuk mengurangi pemborosan sumber daya ponsel sehingga pengalaman bermain akan menjadi semakin baik. 

Untungnya, Black Shark Helo sudah menggunakan port USB Type-C dan masih memiliki port audio. Meskipun ponsel ini mendukung fitur dua kartu SIM, ia tidak bisa menggunakan mmicroSD.

Untuk memastikan ponsel tidak menjadi panas ketika digunakan untuk bermain, Black Shark Helo dilengkapi dengan sistem pendingin berupa dua heat pipe. Ia akan mulai tersedia di pasar pada 30 Oktober. 

Terkait harga, varian RAM 6GB dan memori 128GB akan dihargai CNY3.199 sementara varian RAM 8GB dan memori 128GB dihargai CNY3.499. Sementara versi paling premium dengan RAM 10GB belum ditentukan harganya. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.