IdREN, Bukti Komitmen Telkom Dukung Kemajuan Pendidikan Indonesia

M Studio    •    Jumat, 13 May 2016 18:13 WIB
berita telkom
IdREN, Bukti Komitmen Telkom Dukung Kemajuan Pendidikan Indonesia
Menristekdikti Prof Muhammad Nasir, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Prof Intan Ahmad, dan Direktur Enterprise & Business Services Telkom Muhammad Awaluddin (Foto:Dok.Telkom)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang Kerjasama kerja sama penyediaan fasilitas telekomunikasi untuk Indonesian Research and Education Network (IdREN) dengan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Ini menjadi bukti komitmen Telkom mendukung kemajuan sektor pendidikan Indonesia.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Enterprise & Business Services Telkom, Muhammad Awaluddin dan Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Prof Intan Ahmad di Gedung Ditjen Belmawa, Jakarta, Jumat (13/5/2016).

Dalam sambutannya, Muhammad Awaluddin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk selalu mendukung dunia pendidikan, khususnya perguruan tinggi melalui pengembangan ICT (Information and Communication Technology) sebagai pendukung proses pendidikan dan pengajaran.

"IdREN merupakan faktor penting sebagai salah satu solusi 3C (Community, Content, Connectivity) yang dapat membantu semua kalangan untuk menjangkau pendidikan tinggi dan menghasilkan Sumber Daya Manusia yang handal dan mengabdi ke masyarakat,” jelas Awaluddin.

Prof Intan Ahmad juga menyampaikan ucapan terima kasih atas terimplementasinya jaringan riset dan pendidikan nasional antar Perguruan Tinggi di Indonesia melalui dukungan Telkom.

"Infrastruktur IdREN (Indonesian Research and Education Networks) ini akan memfasilitasi kolaborasi antar Perguruan Tinggi dalam kegiatan pembelajaran (daring), penelitian bersama dan pemanfaatan bersama sumber daya," ujar Prof Intan Ahmad.

Prof Intan Ahmad menambahkan, IdREN juga merupakan bagian dari REN (Research and Education Networks) yang terkoneksi melalui TEIN (Trans Eurasia Information Networks).

Di masa depan IdREN akan menjadi penghubung masyarakat pendidikan dan peneliti (Perguruan Tinggi maupun lembaga riset) yang beraktivitas dan berkolaborasi melalui jejaring IdREN.

Keberadaan IdREN diharapkan dapat dimanfaatkan para pimpinan perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan produktivitas riset perguruan tinggi, yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas bangsa.

Jaringan ini mampu mendukung data kecepatan sangat tinggi dan menyediakan saluran khusus untuk research sharing antar Perguruan Tinggi dengan inisiatif 3S (Single Network, Sharing Collaboration Content & Research, Sustainable Platform).

IdREN diprakarsai oleh Telkom dengan melakukan inisiasi bersama tim AdHoc dari 5 Perguruan Tinggi besar di Indonesia (ITB, UGM, UI, ITS dan UB) sebagai hub koneksi backbone.

Saat ini, IdREN sudah diimplementasikan di 17 kampus nasional dan akan segera menambah 42 kampus baru untuk bergabung dalam jaringan tersebut.
IdREN juga menyediakan berbagai aplikasi yang menunjang pengembangan riset serta pembelajaran bagi perguruan tinggi nasional.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan demo aplikasi IdREN sebagai platform baru research bagi insitusi pendidikan Indonesia.


(ROS)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.