PC Murah Sekarang Dukung Oculus Rift

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 07 Oct 2016 10:38 WIB
oculus
PC Murah Sekarang Dukung Oculus Rift
Spesifikasi minimal untuk Oculus Rift sekarang.

Metrotvnews.com: Dalam konferensi developer Connect, CEO Oculus, Brendan Iribe mengumumkan bahwa headset VR Oculus Rift yang ada saat ini akan kompatibel dengan PC yang lebih murah dan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.

Seperti yang disebutkan oleh The Verge, sebelum ini, Oculus telah mengumumkan beberapa PC yang kompatibel dengan Rift. Namun, semua PC itu berharga setidaknya USD1,000 (Rp13 juta). Dalam konferensi Connect, Oculus menunjukkan bagaimana teknologi baru yang ditanamkan pada Rift memungkinkannya untuk memberikan pengalaman VR dengan PC yang hanya berharga USD499 (Rp6,5 juta).

Untuk dapat membuat VR terasa nyata dan mengurangi rasa mual pengguna, PC harus dapat menjalankan software pada 90 fps, yang memberikan beban tinggi pada PC.

Untuk mengurang beban pada PC, Oculus menanamkan dua teknologi baru pada Rift, yaitu Timewarp dan Spacewarp. Teknologi ini, yang kini ditanamkan pada firmware Oculus, akan membuat frame sintetis yang akan membuat pengalaman VR pengguna terasa lancar meski PC mereka kesulitan untuk memberikan framerate yang diperlukan.

Timewarp berfungsi untuk membuat frame sintetis ketika jumlah frame yang PC hasilkan kurang dari yang dibutuhkan. Sementara Spacewarp berfungsi untuk menurunkan spesifikasi hardware yang diperlukan untuk menggunakan Rift. Iribe berkata, dengan begitu, PC hanya perlu berjalan pada 45 fps, setengah dari framerate yang ideal, 45 frame sisanya akan dibuat oleh Oculus secara sintetis.

Dengan pembaruan ini, beban yang harus ditanggung PC tidak lagi menjadi terlalu berat. Karena itu, headset VR Oculus akan dapat bekerja dengan PC yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi. Dan untuk pertama kalinya, ia bahkan dapat dihubungkan dengan laptop.

Menurut laporan Mashable, Iribe menyebutkan, telah ada 4 vendor laptop yang akan membuat laptop yang kompatibel dengan VR yaitu ASUS, Lenovo, AORUS dan Gigabyte.


(MMI)