PC Murah Sekarang Dukung Oculus Rift

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 07 Oct 2016 10:38 WIB
oculus
PC Murah Sekarang Dukung Oculus Rift
Spesifikasi minimal untuk Oculus Rift sekarang.

Metrotvnews.com: Dalam konferensi developer Connect, CEO Oculus, Brendan Iribe mengumumkan bahwa headset VR Oculus Rift yang ada saat ini akan kompatibel dengan PC yang lebih murah dan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.

Seperti yang disebutkan oleh The Verge, sebelum ini, Oculus telah mengumumkan beberapa PC yang kompatibel dengan Rift. Namun, semua PC itu berharga setidaknya USD1,000 (Rp13 juta). Dalam konferensi Connect, Oculus menunjukkan bagaimana teknologi baru yang ditanamkan pada Rift memungkinkannya untuk memberikan pengalaman VR dengan PC yang hanya berharga USD499 (Rp6,5 juta).

Untuk dapat membuat VR terasa nyata dan mengurangi rasa mual pengguna, PC harus dapat menjalankan software pada 90 fps, yang memberikan beban tinggi pada PC.

Untuk mengurang beban pada PC, Oculus menanamkan dua teknologi baru pada Rift, yaitu Timewarp dan Spacewarp. Teknologi ini, yang kini ditanamkan pada firmware Oculus, akan membuat frame sintetis yang akan membuat pengalaman VR pengguna terasa lancar meski PC mereka kesulitan untuk memberikan framerate yang diperlukan.

Timewarp berfungsi untuk membuat frame sintetis ketika jumlah frame yang PC hasilkan kurang dari yang dibutuhkan. Sementara Spacewarp berfungsi untuk menurunkan spesifikasi hardware yang diperlukan untuk menggunakan Rift. Iribe berkata, dengan begitu, PC hanya perlu berjalan pada 45 fps, setengah dari framerate yang ideal, 45 frame sisanya akan dibuat oleh Oculus secara sintetis.

Dengan pembaruan ini, beban yang harus ditanggung PC tidak lagi menjadi terlalu berat. Karena itu, headset VR Oculus akan dapat bekerja dengan PC yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi. Dan untuk pertama kalinya, ia bahkan dapat dihubungkan dengan laptop.

Menurut laporan Mashable, Iribe menyebutkan, telah ada 4 vendor laptop yang akan membuat laptop yang kompatibel dengan VR yaitu ASUS, Lenovo, AORUS dan Gigabyte.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.