Pakai IndiHome, Streaming Youtube Bebas FUP

M Studio    •    Selasa, 31 May 2016 10:47 WIB
berita telkom
Pakai IndiHome, Streaming Youtube Bebas FUP
Telkom memfasilitasi pelanggan IndiHome dengan membebaskan penggunaan Youtube dari FUP (Foto:Dok.Telkom)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pertumbuhan video secara online terus tumbuh pesat. Chief Business Officer dari Youtube, Robert Kyncl, pernah menyampaikan prediksinya bahwa pada tahun 2020, 90 persen dari trafik internet terdiri dari video.

Pertumbuhan tersebut juga didorong oleh makin banyaknya pengguna ponsel pintar, tablet PC dan smart TV yang semakin memudahkan penggunanya untuk menonton berbagai macam video dari internet.

Salah satu penyedia konten video yang juga terus tumbuh pesat adalah Youtube. Situs web berbagi video. Pada pertengahan tahun 2015, menurut CEO Youtube, setiap menit lebih dari 400 jam video online diunggah ke Youtube. Bila kita cermati banyak video yang memberikan manfaat bagi masyarakat, mulai dari video pendidikan, video yang memberikan tips atau panduan dalam berbagai bidang sampai video blog traveller ada di Youtube.

Pada tahun 2015, jumlah waktu orang Indonesia yang dihabiskan untuk menonton YouTube pada tahun 2015 meningkat sampai dengan 250 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Angka ini adalah angka pertumbuhan tertinggi di Asia Pasifik. Jumlah kanal-kanal Youtube dari Indonesia juga maju pesat.

Tentu saja hal ini berpengaruh positif pada kemajuan industri kreatif di Indonesia. Kemunculan Yotubers seperti Chandra Liow, Edho Zell, Kevin Anggara atau LASTDAY Production menjadi fenomena tersendiri. Para Yotubers tersebut berhasil muncul di tengah kategori musik yang masih menjadi konten paling populer di Youtube. Pada tanggal 28 Mei 2016, Presiden Joko Widodo juga meluncurkan akun resminya di Youtube.  

Sejalan dengan pemanfaatan Youtube oleh masyarakat di berbagai bidang,  Telkom turut memfasilitasi pelanggan IndiHome dengan membebaskan penggunaan Youtube dari FUP. Pada awal Maret 2016, social media strategist, Nukman Luthfie, sempat melakukan uji coba dan menyampaikannya melalui twitter, “Ternyata Youtube nggak masuk FUP @IndihomeFiber. Buka Youtube dua jam tanpa henti, usage nggak naik :)”.  Tercatat sekitar 60% penggunaan IndiHome digunakan untuk mengakses Youtube dan sekitar 80-90% video Youtube yang diakses sudah berada di sever Indonesia.

Selain video streaming, kebutuhan pelanggan di Indonesia akan layanan OTT TV yang menyajikan Video on Demand (VOD) juga terus meningkat. OTT TV (Over The Top Television) adalah layanan yang menyediakan tayangan program televisi dan film melalui akses internet, baik melalui situs web maupun aplikasi pada ponsel pintar, tablet, smart TV atau perangkat yang lain. Sedangkan VOD adalah layanan yang memberikan pelanggan untuk memilih sendiri tayangan yang akan ditonton pada waktu yang juga sesuai dengan pilihan pelanggan.

Seperti Youtube, layanan OTT TV ini juga tidak diperhitungkan FUP dalam layanan IndiHome. Oleh karena itu Telkom juga bekerjasama dengan beberapa penyedia layanan VOD, seperti iflix, VIU, HOOQ dan Catchplay. Dengan adanya kerjasama dengan penyedia layanan VOD ini, pilihan pelanggan IndiHome dalam menonton film, serial dan program televisi semakin beragam.

 


(ROS)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.