Mencoba Sinyal 4G Smartfren di Sungai Musi

Insaf Albert Tarigan    •    Kamis, 17 Nov 2016 18:32 WIB
smartfren andromax4g ltesmartfren telecom
Mencoba Sinyal 4G Smartfren di Sungai Musi
Sinyal 4G LTE Smartfren cukup stabil di tengah Sungai Musi, Palembang.

Metrotvnews.com, Palembang: Seluruh pengguna Smartfren di Palembang sudah migrasi menggunakan jaringan 4G LTE. Hal ini sejalan dengan cakupan sinyal 4G Smartfren yang sudah menjangkau seluruh kota Palembang dan 70 persen populasi di Sumatera Selatan.

Pada Rabu (17/11/2016), Smartfren mengajak puluhan jurnalis dari media lokal dan nasional untuk merasakan langsung pengalaman penggunaan jaringan 4G LTE di daerah Sungai Musi. Rutenya mulai dari Jembatan Ampera sampai Pulau Kemaro yang ditempuh menggunakan kapal. Selama di dalam kapal, jurnalis dipersilakan untuk mengakses situs berita, YouTube atau menonton video streaming.

Berdasarkan pengalaman kami, layanan Smartfren cukup memuaskan di daerah yang ramai dikunjungi wisatawan ini. Sinyal 4G LTE terlihat penuh dari awal sampai akhir. Karena itu, perjalanan menggunakan kapal jadi terasa menyenangkan karena kita bisa mengunggah foto, video, atau menonton streaming tanpa kendala berarti.

VP Special Project Network Smartfren, Munir Syahda Prabowo mengatakan, khusus untuk wilayah Sumatera Selatan dan Palembang, pihaknya sedang fokus menambahkan kapasitas layanan 4G LTE. Tujuannya adalah agar konsumen bisa merasakan pengalaman penggunaan 4G LTE yang jauh lebih baik, termasuk dibanding operator lain.

"Di Palembang, kita sekarang ingin meningkatkan experience yang lebih bagus dengan menambah kapasitas jaringan menggunakan TDD (Time Division Duplex)," kata Munir.

Berdasarkan data nPerf, cakupan sinyal 4G LTE Smartfren di wilayah Palembang memang paling luas dan paling kencang. Kami sendiri sempat menguji kecepatan koneksinya dan mendapatkan hasil seperti di bawah ini.


Munir menambahkan, secara nasional, jaringan 4G LTE Smartfren sudah tersedia di 200 kota besar di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Saat ini, sebanyak 4 juta dari total 11 juta pelanggan Smartfren sudah menggunakan jaringan 4G LTE. Semua pelanggan tersebut masih terlayani dengan baik karena Smartfren menyiapkan kapasitas hingga 10 juta pelanggan, dan masih terus melakukan penambahan.


(ABE)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.