Terlalu Banyak Rilis Ponsel di Kelas yang Sama, Lenovo?

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 16 Nov 2016 23:23 WIB
lenovogadgetsmartphone
Terlalu Banyak Rilis Ponsel di Kelas yang Sama, Lenovo?
Lenovo menghadirkan barian yang cukup banyak untuk kelas menengah

Metrotvnews.com, Labuan Bajo: Peluncuran smartphone Rp1,8 juta Lenovo A7700 di Labuan Bajo hari ini, Rabu (16/11/2016) mungkin mengundang pertanyaan dari berbagai pihak.

Pasalnya, belum lebih dari satu bulan yang lalu, Lenovo Indonesia merilis ponsel A6600 Plus, dengan selisih harga yang tidak terlalu besar. Apa yang sebenarnya diincar Lenovo?

"Jika melihat jajaran smartphone yang rilis di pasar sekarang, ketimbang menekankan spesifikasi, kami lebih ingin menawarkan pengalaman penggunaan kepadan konsumen," ujar Lead 4P Manager Lenovo Indonesia, Anvid Erdian. Lenovo A6600 Plus dan A7700 mempunyai spesifikasi yang hampir sama, dengan perbedaan pada ukuran layar dan daya baterai. 

Sebenarnya, sebelumnya A7700, Lenovo juga sudah meluncurkan Moto E3 Power, dengan spesifikasi hardware yang hampir sama. Dengan kata lain, mereka sudah menghadirkan tiga pilihan ponsel yang mirip di kelas yang sama untuk pasar Indonesia.

Ada juga satu varian lain, VIBE P1m, yang saat ini masih dijual dengan harga yang hampir sama. Namun, VIBE P1m mempunyai kapasitas baterai paling besar.

Jika dilihat lebih jauh, kehadiran lebih dari satu varian produk sesungguhnya memberikan pilihan yang lebih banyak kepada konsumen. Kehadiran produk Moto merupakan salah satu stretegi Lenovo untuk merangkul kembali konsumen yang telah lama mengenal merek Motorola.

Hanya saja, konsumen Indonesia mayoritas berada di kelas menengah ke bawah, sehingga mereka perlu menghadirkan ponsel yang lebih terjangkau ketimbang kelas high-end yang tidak bisa ditebus dengan kocek sedikit. 

Pada dasarnya, strategi pemasaran ini juga pernah dilakukan oleh Samsung, dengan fokus memperbanyak varian ponsel kelas bawah pada awal kemunculan Android. Saat ini, perusahaan asal Korea Selatan tersebut merapihkan kelas produk dengan penamaan yang lebih jelas, seperti Galaxy A, J, C, yang dalam setiap serinya memiliki tiga varian yang berbeda. Mereka tetap menjadikan Galaxy S dan Galaxy Note sebagai rumpun flagship.

Sementara itu, Lenovo mempunyai rumpun VIBE, yang pada awalnya mengincar pasar kelas menengah ke atas. Kehadiran merek Moto memang akan membuat orang kembali bertanya, bagaimana dengan nasib ponsel VIBE. Pihak Lenovo sudah mengatakan bahwa kedua merek ini tidak akan saling makan


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /