Facebook, Alphabet dan Twitter Diminta Revisi Kebijakan Layanan

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 19 Mar 2017 09:47 WIB
media sosialfacebooktwittergoogle
Facebook, Alphabet dan Twitter Diminta Revisi Kebijakan Layanan
Tiga jejaring sosial diminta ubah Term and Conditionnya di wilayah Eropa.

Metrotvnews.com: European Commision dan badan otoritas perlindungan konsumen Eropa meminta Alphabet Inc, Facebook Inc, dan Twitter Inc, mengubah Term of Service mereka untuk wilayah Eropa. Badan pemerintah Eropa tersebut memberikan ketiganya waktu satu bulan untuk memenuhinya.

Ketiga perusahaan jejaring sosial tersebut, dengan Alphabet mengusung Google+, terancam denda dari pihak pemerintahan Eropa tersebut, jika tidak berhasil memenuhi permintaan badan otoritas dalam waktu satu bulan.

Menurut Android Authority, pokok Term and Condition (T&C) yang dipermasalahkan badan otoritas Eropa termasuk mengharuskan pengguna untuk mencari perlindungan di pengadilan di California, lokasi basis ketiga perusahaan tersebut, dan bukan negara tempat tinggal mereka.

Selain itu, pokok lainnya adalah keharusan konsumen untuk melepaskan hak wajib, serta kekuatan berlebih bagi perusahaan tersebut untuk menentukan kesesuaian konten yang dihasilkan oleh pengguna jejaring sosial.

Sementara itu, Reuters juga mengklaim bahwa Jerman berencana untuk merilis hukum baru yang akan mengharuskan situs jejaring sosial tersebut untuk menghapus konten mengancam atau fitnah secara cepat, atau bersiap terkena denda hingga EUR50 juta atau Rp717 miliar.

Keputusan tersebut menjadi upaya pencegahan potensi jejaring sosial sebagai media penghasil konten kekerasan, mengancam dan atau tidak akurat, semakin membesar. Sementara itu, Facebook juga telah bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatikan Indonesia, untuk menanggapi berita palsu dengan lebih cepat.

Selain itu, Facebook juga mengumumkan akan menghadirkan citizen journalistic atau yang mereka sebut Facebook Journalistic untuk memerangi hoax, serta mengikutsertakan label "terbantahkan" untuk berita yang dilaporkan sebagai hoax.


(MMI)

Xiaomi Mi 6, Kelas Premium di Harga Menengah
Review Smartphone

Xiaomi Mi 6, Kelas Premium di Harga Menengah

2 weeks Ago

Inilah ulasan lengkap tentang smartphone terbaru dari Xiaomi, Mi 6. 

BERITA LAINNYA
Video /