Begini Strategi Metro TV Hadapi Era Digital

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 25 Nov 2016 11:34 WIB
teknologi
Begini Strategi Metro TV Hadapi Era Digital
Ilustrasi TV digital. (USA Today)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hadirnya era digital membawa tantangan tersendiri bagi stasiun TV. Saat mengobrol dengan Direktur Teknik Metro TV, Mirdal Akib, dia bercerita bahwa di era digital, persaingan di industri siaran akan menjadi lebih ketat karena semakin banyak pilihan yang tersedia untuk penonton. 

"Frekuensi akan jadi lebih irit. Jadi, satu frekuensi bisa ditempati oleh banyak channel. Karena itu, tentu persaingan jadi lebih kompetitif," kata Mirdal.

Untuk menghadapi tantangan baru di era digital, Mirdal menjelaskan beberapa langkah yang diambill oleh Metro TV agar tetap relevan dan tidak tergerus zaman. Salah satunya adalah migrasi frekuensi dari analog ke digital. 

"Metro TV adalah salah satu dari sedikit stasiun TV yang siap untuk mingrasi ke TV digital," ujar Mirdal. Karena itulah, dia berharap pemerintah segera mengeluarkan regulasi untuk implementasi TV digital. Saat ini, pemerintah menargetkan migrasi ke digital pada tahun 2018. Mirdal mengaku, Metro TV siap untuk melakukan migrasi digital pada tahun 2017.



Langkah lain yang diambil oleh Metro TV untuk menghadapi era digital adalah perubahan infrastuktur internal untuk beralih dari kualitas SD ke HD. 

"Seluruh infrastruktur Metro TV, dari MCR, newsroom dan infrastruktur lainnya beralih ke kualitas HD," ujar Mirdal. "Dengan begitu, kami harap kami dapat tetap memberikan pelayanan terbaik untuk penonton dan tetap menjadi TV berita yang terdepan."

Selain perubahan teknis, Mirdal bercerita, Metro TV juga akan mempersiapkan karyawannya untuk menghadapi era digital. Dia menjelaskan, perubahan yang dilakukan Metro TV akan mengubah cara kerja para karyawannya.

Jika sebelum ini mereka bekerja dengan semi-manual, nantinya semua akan serba otomatis. Hal ini akan mendorong peningkatan efektivitas proses kerja yang signifikan.

Mirdal merasa, pekerja Metro TV sudah siap untuk berubah meski tetap ada beberapa hal lain yang masih harus disiapkan. Salah satunya caranya dengan melakukan pelatihan.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /