Tuai Kritik, MacBook Pro Tetap Laku Keras

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 10 Nov 2016 10:41 WIB
applemacbook
Tuai Kritik, MacBook Pro Tetap Laku Keras
MacBook Pro. (Stephen Lam/Getty Images/AFP)

Metrotvnews.com: Setelah meluncurkan MacBook Pro baru yang ditunggu-tunggu, Apple justru mendapatkan kritik dari komunitas Mac. Meskipun begitu, penjualan MacBook Pro baru Apple jauh lebih tinggi dari laptop-laptop buatan pesaingnya.

Menurut perusahaan analisa digital Slice Intelligence, hanya dalam waktu 5 hari, Apple berhasil menjual lebih banyak MacBook Pro daripada XPS 13 dan 15 yang telah Dell jual selama 10 bulan. Tidak hanya itu, penjualan MacBook Pro 4 kali lebih banyak dari penjualan Surface Book baru dari Microsoft.

Gambar: Slice Intelligence

Seperti yang dapat Anda lihat pada grafik di atas, dari segi jumlah penjualan, MacBook Pro yang baru masih kalah jika dibandingkan dengan MacBook 12 inci. Namun, MacBook 12 inci telah mulai dijual sejak 18 bulan lalu, seperti yang dilaporkan oleh The Next Web.

Slice Intelligence memperkirakan, jika Apple berhasil mempertahankan momentum penjualan MacBook Pro, maka total penjualan laptop tersebut akan dapat melampaui total penjualan MacBook 12 inci hanya dalam waktu 1 minggu sejak ia rilis di pasar.

Slice Intelligence mengumpulkan datanya dengan menganalisa e-receipt dari 4,4 juta pembeli online dan hanya memperhitungkan penjualan online di Amerika Serikat. Meskipun data ini tidak sepenuhnya akurat, tapi ia cukup untuk menunjukkan performa penjualan Apple jika dibandingkan dengan para pesaingnya.

Selama ini, Apple memang selalu berhasil mengalahkan pesaingnya. Minggu lalu, Apple berhasil mendapatkan keuntungan operasional sebesar 103,6 persen di industri smartphone.


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

3 days Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.