8 Kuartal Berturut-turut, Pasar PC Terus Menciut

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 13 Oct 2016 09:24 WIB
teknologi
8 Kuartal Berturut-turut, Pasar PC Terus Menciut
Gartner menyebutkan, kali ini adalah kuartal 8 pasar PC terus menciut.

Metrotvnews.com: Pengiriman PC secara global terus turun di kuartal ke-3, yang berarti, pasar PC telah terus menurun selama 8 kuartal berturut-turut. Kali ini merupakan penurunan pasar PC terlama yang pernah terjadi.

Menurut CNET, vendor PC mengirimkan 68,9 juta unit komputer di kuartal ini, menurun 5,7 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu, menurut data yang dirilis oleh perusahaan riset Gartner.

Diperkirakan, alasan penurunan pasar PC kali ini adalah karena lemahnya permintaan akan PC di kalangan siswa dan rendahnya permintaan dari konsumen secara umum, terutama di negara-negara berkembang.

"Kebanyakan konsumen memiliki dan menggunakan setidaknya 3 perangkat yang berbeda di pasar negara maju," kata Mikako Kitagawa, Principal Analyst Gartner dalam sebuah pernyataan. 

"Dari 3 perangkat ini, PC bukanlah prioritas utama untuk sebagian besar konsumen, jadi mereka tidak merasa perlu untuk membeli PC baru sesering yang mereka lakukan dulu. Sebagian konsumen mungkin akan memutuskan untuk tidak membeli PC baru lagi," ujarnya lebih lanjut.

Beberapa tahun belakangan, pasar PC terus turun seiring dengan semakin banyak konsumen yang memilih untuk menggunakan smartphone dan tablet sebagai pengganti desktop dan laptop.

Selain itu, semakin banyak orang yang memutuskan untuk menggunakan komputer lamanya daripada membeli PC baru setiap beberapa tahun sekali.

"Di pasar negara berkembang, penetrasi PC masih rendah, tapi konsumen tidak tertarik untuk membeli PC. Konsumen di negara berkembang utamanya menggunakan smartphone atau phablet untuk keperluan komputasi, dan mereka tidak menemukan banyak fungsi untuk PC seperti konsumen di pasar negara maju," kata Kitagawa. 



Lenovo masih menjadi vendor PC dengan pengiriman terbesar, diikuti oleh HP, yang total pengirimannya hampir sama dengan Lenovo.

Namun, selama 6 kuartal berturut-turut, pengiriman PC Lenovo terus menurun, sementara dua pesaing terbesarnya, HP dan Dell justru menunjukkan peningkatan sejak kuartal kedua tahun ini. Stabilnya pasar PC korporat merupakan alasan utama mengapa pengiriman PC HP justru naik.

"Mobile PC, termasuk notebook, 2-in-1 PC dan tablet Windows, menunjukkan pertumbuhan di bawah 10 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu, tapi secara keseluruhan pengiriman PC menurun karena menurunnya pengiriman desktop," kata Kitagawa.

Pengiriman PC di Asia Pasifik mencapai 24,7 juta unit, menurun 7,6 persen jika dibandingkan dengan kuartal tiga tahun lalu. Sementara di Tiongkok, pengiriman PC juga menurun 4,8 persen. Indikator awal menunjukkan bahwa performa vendor PC membaik jika dibandingkan dengan kuartal 2. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.