Qlue: Warga DKI Jakarta Paling Banyak Lapor Soal Pilkada 2017

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 17 Feb 2017 15:47 WIB
aplikasi
Qlue: Warga DKI Jakarta Paling Banyak Lapor Soal Pilkada 2017
Selama Pilkada Serentak 2017, DKI Jakarta jadi kota dengan pengguna terbanyak.

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam laporan pengaduan masyarakat melalui aplikasi Qlue terkait jalannya Pilkada Serentak 2017, yang diumumkan hari ini, Jumat (17/2/2017), Mastel dan Qlue menyimpulkan warga DKI Jakarta menjadi pengguna Qlue paling aktif.

"Pengguna di wilayah DKI Jakarta jadi kontributor terbesar dalam laporan pengaduan terkait Pilkada 2017 lalu. Jumlah laporan cukup signifikan, jadi laporan kali ini seolah jadi laporan soal Pilkada DKI," ujar Ketua Bidang Kebijakan Strategis Mastel, Teguh Prasetya.

Dari hasil data yang dihimpun Qlue selama masa kampanye dan hari Pilkada dilaksanakan, tercatat sebesar 99 persen laporan pengaduan berasal dari DKI Jakarta. Sementara itu, satu persen lainnya berasal dari daerah sekitar Jakarta, seperti Depok, Bekasi dan wilayah Tangerang Selatan.

Besarnya jumlah laporan pengaduan ini dinilai Teguh juga berkat dorongan dari media massa nasional yang terfokus dalam menyiarkan informasi terkait pilkada di DKI Jakarta. Selain itu, tingkat literasi dan pengetahuan warga DKI Jakarta yang lebih tinggi terkait aplikasi Qlue dinilai turut menjadi pendukung laporan ini.

Warga DKI Jakarta disebut CMO Qlue, Ivan Tigana, juga lebih akrab dengan aplikasi ini, sebab Qlue pertama kali diperkenalkan di Jakarta, dan dimanfaatkan pemerintah setempat untuk mendukung kecepatannya dalam menanggapi dan menangani keluhan masyarakat terkait kondisi sekitar. 

Secara terperinci, Qlue menjelaskan Jakarta Barat menjadi wilayah dengan prosentase laporan pengaduan terbanyak, yaitu sebesar 35 persen.

Sementara itu, di posisi kedua ditempati oleh Jakarta Selatan sebesar 24,7 persen, lalu Jakarta Timur sebesar 17,8 persen, Jakarta Utara sebesar 16,3 persen, dan Jakarta Pusat sebesar 6,2 persen.

Berdasarkan data demografi pengguna saat ini, pengguna terbesar aplikasi Qlue terdapat di wilayah Jakarta Barat, sebesar 26,6 persen, diikuti Jakarta Timur sebesar 23,9 persen, Jakarta Selatan sebesar 21,2 persen, Jakarta Utara sebesar 15 Persen, Jakarta Pusat sebesar 11,7 persen, dan sisanya berada di Kepulauan Seribu.


(MMI)

Xiaomi Mi 6, Kelas Premium di Harga Menengah
Review Smartphone

Xiaomi Mi 6, Kelas Premium di Harga Menengah

2 weeks Ago

Inilah ulasan lengkap tentang smartphone terbaru dari Xiaomi, Mi 6. 

BERITA LAINNYA
Video /