Samsung Forum 2017

Monitor Terbaru Samsung Ingin Bawa Gamer ke Level Baru

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 17 Feb 2017 10:16 WIB
samsung
Monitor Terbaru Samsung Ingin Bawa Gamer ke Level Baru
Monitor gaming teranyar milik Samsung. (MTVN/DANU)

Metrotvnews.com, Singapura: Selain televisi, Samsung juga memamerkan jajaran monitor gaming terbaru dalam ajang Samsung Forum 2017.

Monitor gaming dengan layar QLED tersebut tampil dengan format layar lengkung (curved) berukuran 32 inci dan memiliki rasio 21:9. Monitor ini juga memiliki tampilan yang unik dengan bentuk penampang yang sangat berbeda dari kebanyakan monitor gaming yang ada saat ini.

Salah satu monitor gaming yang paling menarik adalah Samsung CF791 Curved Gaming Monitor. Ia merupakan monitor khusus untuk bermain game dan hadir dengan rasio layar 21:9 serta telah menggunakan teknologi Quantum Dot Display.

Penggunaan teknologi tersebut membuat monitor gaming ini memiliki reproduksi warna yang tinggi, yaitu 125 persen pada format warna sRGB. Spesifikasi ini juga memungkinkan CF791 untuk tampil sebagai monitor desain, bukan hanya untuk gamer.



Meski demikian, CF791 masih lebih condong tampil sebagai monitor gaming ketimbang desain. Ia dilengkapi dengan beragam fitur gaming mulai dari refresh rate hingga 100Hz, dan response time 4ms.

Jika dibandingkan dengan monitor gaming lain (khususnya monitor esport), CF791 memang tergolong memiliki response time yang tidak terlalu cepat. Namun, hal tersebut seharusnya tidak akan menjadi masalah jika Samsung mengincar gamer non-esport.

Fitur lainnya yang ada di monitor ini adalah teknologi AMD FreeSync yang memungkinkan tampilan gambar bebas stuttering dan tearing. Selain itu, monitor ini hadir dengan penopang dengan desain unik yang terlihat lebih fleksibel ketimbang penopang monitor gaming lainnya. Penopang monitor ini memiliki bentuk seperti lengan, sehingga layar bisa digerakkan lebih leluasa.

Samsung juga memamerkan dua varian monitor gaming selain CF791. Keduanya memiliki layar yang lebih kecil namun tampil dengan response time yang lebih baik. Sayang jajaran monitor tersebut masih belum bisa dikonformasi apakah akan hadir di Indonesia atau tidak.


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

15 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.