Apple Hapus Aplikasi VPN dan App Store Tiongkok

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 30 Jul 2017 13:45 WIB
internettiongkok
Apple Hapus Aplikasi VPN dan App Store Tiongkok
Apple hapuskan VPN dari App Store Tiongkok. (TechCrunch)

Metrotvnews.com: Pemerintah Tiongkok dikenal ketat dalam menyensor internet, melarang warganya untuk mengakses situs-situs tertentu seperti Facebook dan Google.

Kini, tampaknya Apple telah menghapuskan aplikasi VPN besar dari App Store untuk Tiongkok. Mengingat pemerintah sering menyensor konten online, banyak masyarakat Tiongkok dan pendatang yang menggunakan VPN (Virtual Private Network) agar mereka bisa tetap mengakses situs dan konten yang dilarang oleh pemerintah.

Sekarang, beberapa perusahaan penyedia layanan VPN melaporkan bahwa mereka mendapatkan notifikasi dari Apple yang menyebutkan, aplikai mereka telah dihapuskan dari App Store Tiongkok. Dalam sebuah blog, ExpressVPN meuliskan bahwa Apple mengatakan, aplikasi buatan mereka melanggar peraturan di Tiongkok.

Penyedia VPN tersebut mengatakan, mereka menemukan bahwa semua aplikasi VPN besar untuk iOS telah dihapuskan dari App Store di Tiongkok. Perusahaan lain, Star VPN, melaporkan hal yang sama, seperti yang disebutkan oleh The Verge

ExpressVPN mengatakan, mereka menyayangkan keputusan Apple menghapus aplikasi VPN dari App Store dan mengaku kecewa karena Apple mendukung Tiongkok untuk menyensor internet.

Saat ini, tampaknya pemerintah Tiongkok memang tengah sibuk untuk membatasi penggunaan VPN. Pada awal bulan Juli lalu, pemerintah Tiongkok meminta 3 perusahaan telekomunikasi negara untuk melarang akses VPN


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.