CES 2017

Xiaomi Ikutan CES 2017, Luncurkan Produk Apa?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 25 Nov 2016 14:49 WIB
gadgetxiaomices 2017
Xiaomi Ikutan CES 2017, Luncurkan Produk Apa?
Xiaomi Mi 5. (AP Photo/Manu Fernandez)

Metrotvnews.com: Xiaomi, salah satu manufaktur perangkat elektronik paling sukses di Tiongkok, mengumumkan bahwa mereka akan menghadiri CES (Consumers Electronics Show) 2017 yang akan diadakan di Las Vegas, Nevada. 

Kali ini akan menjadi pertama kalinya Xiaomi ikut serta dalam acara ini.  Xiaomi mengumumkan kehadirannya di CES melalui Twitter. Mereka juga menyebutkan bahwa mereka akan meluncurkan produk secara global, meski tidak menjelaskan produk apa. Banyak orang yang berharap, Xiaomi akan meluncurkan salah satu smartphone miliknya di AS. 

Beberapa minggu belakangan, Xiaomi menjadi perhatian banyak orang karena merilis Mi Mix dalam jumlah terbatas, lapor IB Times. Mi Mix adalah sebuah smartphone konsep yang hampir tidak memiliki bezel.

Selama 2 tahun belakangan, Vice President of International, Xiaomi, Hugo Barra telah memberikan bocoran informasi tentang rencana Xiaomi untuk merilis smartphone pertamanya di AS, seperti yang disebutkan oleh 9to5Google.

Namun, Barra juga menyebutkan, pasar yang kompetitif dan membangun infrastruktur customer service adalah tantangan yang harus dihadapi oleh Xiaomi. Sebelum ini, perusahaan asal Tiongkok ini telah merilis Mi Box di AS.

Beberapa vendor smartphone asal Tiongkok telah berhasil meluncurkan produknya di AS dengan strategi yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya adalah OnePlus, Huawei dan LeEco. Untuk masuk ke pasar AS, yang saat ini didominasi oleh Apple dan Samsung, Xiaomi harus dapat membuat strateginya sendiri.

Salah satu produk yang Xiaomi mungkin luncurkan pada CES 2017 adalah Mi Note 2, sebuah smartphone berukuran 5,7 inci yang belum lama ini diluncurkan di Tiongkok. Mengingat Mi Mix telah berhasil menarik cukup banyak perhatian masyarakat, tidak tertutup kemungkinan, Xiaomi juga akan memboyongnya ke AS, seperti yang disebutkan oleh Android Headlines.

Namun, Xiaomi tidak hanya membuat smartphone, tapi juga berbagai produk lainnya. Saat ini, beberapa perusahaan berusaha untuk membuat teknologi VR dapat diakses oleh lebih banyak orang. Bisa saja, Xiaomi meluncurkan headset VR baru yang juga dapat digunakan dengan smartphone lain selain ponsel buatannya. Xiaomi juga bisa saja meluncurkan tablet atau smartwatch.

Saat ini, produk apa yang Xiaomi hendak luncurkan masih berupa rumor. Anda harus menunggu hingga CES 2017, yang akan diadakan pada tanggal 5 Januari, untuk tahu apa yang akan Xiaomi pamerkan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.