ASUS ZenFone 4 Selfie Pro vs Vivo V7+, Mana Paling Oke?

M Studio    •    Sabtu, 04 Nov 2017 19:04 WIB
asuszenfone 4
ASUS ZenFone 4 Selfie Pro vs Vivo V7+, Mana Paling Oke?
ASUS Zenfone 4 Selfie Pro. (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak peduli apakah Anda hanya sendiri atau bersama teman dan keluarga, mengambil selfie yang bagus menghasilkan rasa puas tersendiri. Saat bersama dengan teman dan keluarga, ketika Anda mengajak mereka untuk mengambil selfie, mereka akan mendekati Anda untuk memastikan bahwa wajah mereka masuk ke dalam frame

Dengan tren selfie saat ini, tidak heran para vendor smartphone berbondong-bondong meluncurkan smartphone yang mengunggulkan fitur kamera depan, sebut saja ASUS dan Vivo. Untuk para pecinta selfie, ASUS baru saja meluncurkan ZenFone 4 Selfie Pro, sementara smartphone terbaru dari Vivo adalah V7+. Keduanya sama-sama mengunggulkan fitur kamera depan dan memiliki harga yang tidak jauh berbeda. Pertanyaannya adalah mana yang lebih baik?

ASUS melengkapi ZenFone 4 Selfie Pro dengan dua kamera depan: satu lensa 12MP dan satu lagi lensa 5MP dengan sudut lebar. Lensa pertama 12MP mungkin terdengar biasa, tetapi ASUS menanamkan teknologi DuoPixel agar mampu menghasilkan foto dengan kualitas 24MP.

Keuntungan memiliki kamera depan dengan lensa sudut lebar adalah Anda tidak perlu repot-repot menggunakan tongsis ketika hendak mengambil grup selfie atau wefie. Dengan lensa 120 derajat pada ZenFone 4 Selfie Pro, Anda bisa mengambil gambar jauh lebih luas dari kamera depan biasanya. 



Sementara itu, Vivo masih menggunakan teknik lama, yaitu mode panorama, mengharuskan Anda menggerakkan ponsel ke kiri dan ke kanan untuk memastikan semua orang yang ikut wefie masuk dalam frame. Sayangnya, metode ini membuat Anda diam di posisi selama beberapa waktu. 

Selain mengambil gambar dengan sudut lebar, dua kamera depan pada ZenFone 4 Selfie Pro memungkinkan Anda untuk mengambil selfie dengan kondisi pencahayaan rendah. Hasil foto tetap bisa menangkap dengan baik, berkat kamera depan ini. Untuk itulah ASUS menamainya dengan embel-embel "Pro".



Dari namanya, terlihat jelas bahwa ZenFone 4 Selfie Pro memang ditujukan bagi Anda yang senang mengambil foto diri sendiri. Namun, apa hanya itu keunggulan smartphone buatan ASUS yang satu ini? Tidak juga. Perusahaan asal Taiwan itu sadar bahwa selain selfie, kini vlogging merupakan kegiatan yang orang-orang suka lakukan.

Ketika foto tak lagi dirasa cukup untuk mengabadikan momen penting, Anda bisa menggunakan video untuk mengabadikannya. ASUS melengkapi ZenFone 4 Selfie Pro dengan EIS atau Electronic Image Stabilization. Seperti namanya, EIS berfungsi membuat hasil rekaman yang Anda ambil menjadi lebih stabil, sekalipun dalam keadaan bergerak. 

Tidak berhenti sampai di situ, ASUS juga memasukkan fitur rekaman dengan resolusi tinggi pada ZenFone 4 Selfie Pro. Tidak tanggung-tanggung, dengan smartphone ini, Anda bisa merekam video dengan resolusi hingga 4K. Menariknya, Anda bisa melakukan ini menggunakan kamera depan dan kamera belakang. Fitur ini membuat video yang Anda rekam menjadi future proof. Jadi, ketika Anda menonton video yang Anda rekam saat ini di masa depan, Anda tidak perlu merasa kecewa dengan resolusi rendah. 

Para pecinta selfie biasanya tidak terlalu peduli dengan spesifikasi dari sebuah smartphone, selama kamera depan dari ponsel itu cukup mumpuni untuk mengambil foto selfie yang baik.

Namun, ASUS melengkapi ZenFone 4 Selfie Pro dengan Qualcomm Snapdragon 625 -- lebih baik dari Snapdragon 430 yang terpasang pada Vivo V7+ -- untuk memastikan bahwa Selfie Pro dapat menjalankan berbagai tugas dengan mulus. Tidak ada hal lain yang lebih menyebalkan dari ponsel yang mendadak berhenti ketika Anda sudah siap untuk mengambil selfie. 

Keuntungan lain dari prosesor Snapdragon 625 adalah ia memiliki manajemen daya yang baik. Sehingga, meskipun ZenFone 4 Selfie Pro memiliki baterai dengan daya yang sedikit lebih rendah dari Vivo V7+ -- 225 mAh lebih rendah -- ponsel buatan ASUS itu bisa bertahan lebih lama. ASUS juga melengkapi Selfie Pro dengan fitur fast-charging, yang membuat proses pengisian baterai ponsel menjadi lebih cepat. 

ASUS sudah melengkapi ZenFone 4 Selfie Pro dengan Android Nougat dan menjanjikan update Android Oreo. Mengapa update sistem operasi penting? Selain menawarkan fitur baru, sistem operasi baru juga akan menambal kelemahan yang ada pada sistem operasi sebelumnya. Update berkala tidak hanya membuat smartphone Anda menjadi lebih efisien, tapi juga lebih aman dari serangan siber yang ada. 

Kesimpulannya, ASUS Zenfone 4 Selfie Pro adalah ponsel selfie yang bukan cuma untuk selfie. Kemampuan kamera depannya sudah tidak perlu diragukan. Anda bisa mengambil foto selfie atau wefie dengan sangat tajam. Begitu juga dengan merekam video yang saat ini juga marak dilakukan. Selain itu, spesifikasi yang ditawarkan juga sudah sangat cukup dalam mendukung produktivitas sehari-hari. 




(MMI)