Membiarkan Kicauan Anti-Muslim Trump, Ini Alasan Twitter

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 02 Dec 2017 13:12 WIB
media sosialdonald trump
Membiarkan Kicauan Anti-Muslim Trump, Ini Alasan Twitter
Twitter mengganti penjelasannya tentang mengapa mereka membiarkan kicauan anti-Muslim dari Trump. (AP Photo / Matt Rourke, File)

Jakarta: Twitter kesulitan menjelaskan dan menjalankan peraturannya sendiri terkait ujaran kebencian. Minggu ini, Twitter menanggapi propaganda anti-Muslim yang Presiden AS Donald Trump retweet pada akunnya. 

Ketika itu, Twitter menyebutkan bahwa beberapa video mungkin akan tidak akan dihapus karena memiliki nilai berita dan menyangkut kepentingan masyarakat luas. Sekarang, Twitter mengganti alasannya. Mereka menyebutkan, kicauan Trump tidak dihapus karena masih sesuai dengan peraturan media Twitter saat ini.. 

Namun, seperti yang disebutkan oleh Engadget, dalam peraturan terkait ujaran kebencian, Twitter secara jelas menyebutkan, "Anda tidak boleh mempromosikan kekerasan pada atau secara langsung menyerang atau mengancam orang lain berdasarkan ras, etnis, asal negara, orientasi seksual, jenis kelamin, identitas gender, kepercayaan, umur, disabilitas atau penyakit. Kami juga tidak mengizinkan akun yang tujuan utamanya adalah melukai orang lain berdasarkan alasan-alasan tersebut."

Sementara sekarang, Twitter memberikan referensi pada peraturan yang menyebutkan, "Beberapa bentuk konten dewasa atau kekerasan mungkin akan dibiarkan dalam Twitter ketika ia ditandai sebagai konten sensitif. Namun, Anda tidak boleh memasukkan konten seperti ini dalam video langsung, gambar profil atau gambar header." 

"Selain itu, kami juga mungkin akan meminta Anda untuk menghapus konten yang mengandung kekerasan grafik yang berlebihan untuk menghormati orang yang telah meninggal atau keluarga mereka jika kami mendapatkan permintaan dari keluarga atau perwakilan badan berwenang."

Kedua peraturan itu tidak hanya membingungkan, tapi juga saling bertentangan. Satu hal yang pasti, fakta bahwa Twitter kini dipenuhi dengan konten ujaran kebencian bukanlah kabar yang baik untuk media sosial tersebut. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /