Tahun Depan, Makin Banyak Ponsel Android Pasang Face ID

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 20 Nov 2017 17:33 WIB
teknologiandroidsmartphone
Tahun Depan, Makin Banyak Ponsel Android Pasang Face ID
Tampilan bagian wajah yang akan direkam atau dikenali pada sistem keamanan pemindai wajah atau face recognition.

Metrotvnews.com: Fitur keamanan dengan pemindai biometrik pada wajah milik iPhone X yaitu Face ID diprediksi akan semakin populer di smartphone Android. Tahun depan fitur tersebut akan banyak dijumpai.

Kabar ini disampaikan oleh Digital Trends yang mengutip informan dari industri smartphone yang berbasis di Tiongkok dan diwawancarai oleh Digitimes. Disebutkan sudah ada beberapa vendor yang sudah menyiapkan kehadiran fitur tersebut di smartphone yang dirilis tahun depan.

Informan juga menyebut vendor seperti Huawei, Oppo, dan Xiaomi sudah mempersiapkan sensor 3D buatan mereka sendiri untuk fitur pemindai wajah. 

Beberapa vendor itu sudah memercayakan teknologi sensor 3D pada perusahaan manufaktur lensa kamera yang biasa digandeng untuk dipasang pada smartphone. Misalnya Largan Precision, Sunny Optical, Orbbec, dan Himax Technologies.

Sebagian orang mungkin jarang mendengar nama yang tadi disebutkan. Largan sendiri merupakan manufaktur optik lensa kamera yang menyuplai perangkatnya untuk dipasangkan pada perangkat iPhone Apple. Largan juga menjadi permasok beberapa merek smartphone berbasis Android.

Oppo dan Xiaomi sudah pasti menggunakan teknologi sensor 3D yang dikembangkan bersama Qualcomm, Himax, dan Truly Opto Electronics. Begitu juga dengan Sunny Optical dan Orbbec yang menyatakan teknologi mereka siap dipasang tahun depan.

Belum diketahui apakah fitur pemindai wajah pada smartphone Android nantinya akan menggantikan pemindai sidik jari seperti yang dilakukan Apple atau tetap menggunakan keduanya. Pastinya, fitur tersebut baru akan hadir di smartphone Android kelas flagship atau high-end.


(MMI)