Apple Watch Bermasalah di Rumah Sakit?

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 04 Jan 2018 09:48 WIB
apple
Apple Watch Bermasalah di Rumah Sakit?
Sejumlah pengguna mengeluhkan permasalahan pada Apple Watch saat berada di rumah sakit.

Jakarta: Sejumlah pengguna Apple Watch mengeluhkan jam tangan cerdas mereka bermasalah. Perangkat dilaporkan melakukan reboot secara tiba-tiba, di dekat peralatan di ruang ICU.

ICU sering kali dilengkapi peralatan telemetri, yang dapat menjelaskan permasalahan dalam Apple Watch Series 3 dengan dan tanpa dukungan konektivitas seluler. Keluhan pada jam tangan cerdas Apple ini juga disampaikan oleh perawat rumah sakit yang menghadiahi Apple Watch Series 3 kepada suaminya.

Perawat tersebut mengeluhkan perangkat mulai melakukan reboot setiap 60-90 menit sejkali, saat berada di sekitar ICU. Selain itu, perawat tersebut juga mengaku telah mengganti Apple Watch miliknya, namun permasalahan yang sama kembali terjadi.

Situs Apple Support juga diramaikan oleh keluhan serupa dan telah mendapatkan jawaban dari pengguna lain Apple Watch Series 3, yang juga mengaku mengalami permasalahan yang sama saat beradi di dalam rumah sakit.

Apple sebelumnya menyebut bahwa alat pacu jantung, defibrilator atau alat medis lain dapat mempengaruhi komponen dan radio pada Apple Watch yang bertugas untuk memancarkan gelombang elektromagnetik.

Jawaban Apple tersebut tidak menjelaskan terkait peluang perangkat terpengaruh oleh peralatan yang digunakan oleh rumah sakit. Solusi yang coba diberikan Apple untuk permasalahan ini adalah dengan mengaktifkan mode Airplane saat berada di dalam rumah sakit.

Namun, melakukan hal tersebut akan mencegah Apple Watch terhubung dengan internet atau ponsel. Sementara itu, Apple mengonfirmasi telah mengakuisisi startup alat aplikasi asal Vancoucer Kanada bernama Buddybuild.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.